Jalan Tikus untuk Mudik di Wilayah Pantura Kabupaten Tegal Rusak

Jalan Tikus untuk Mudik di Wilayah Pantura Kabupaten Tegal Rusak

JELASKAN - Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PKS H Bakhrun memberikan penjelasan.Foto: Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Sejumlah ruas jalan yang biasa digunakan sebagai jalan tikus atau jalan alternatif untuk para pemudik sudah rusak.

Utamanya di wilayah Pantura Kabupaten Tegal yang meliputi Kecamatan Kramat, Kecamatan Suradadi dan Kecamatan Warureja.

Hal itu dibenarkan Anggota DPRD Kabupaten Tegal H. Bakhrun yang berdomisili di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, saat dihubungi, Selasa (26/3/2024).

BACA JUGA:Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal Maksimalkan Pengentasan Anak Putus Sekolah

Menurutnya, pascamusim hujan, tidak sedikit ruas jalan yang sudah mulai berlubang. Kerusakan infrastruktur jalan itu sangat mengganggu aktivitas para pengguna jalan.

Utamanya para pemudik yang kerap melewati jalan tikus. Seperti di ruas Babadan Kecamatan Warureja hingga Balamoa, Kecamatan Pangkah.

Di sepanjang jalan tersebut, ada beberapa spot yang sudah rusak. Tak terkecuali di ruas Jalan Suradadi-Bader dan Larangan Munjungagung Kecamatan Kramat hingga wilayah Kecamatan Tarub.

BACA JUGA:ASN Pemerintah Kabupaten Tegal Diminta Tingkatkan Potensi

"Musim hujan sudah berhenti, sekarang giliran jalan-jalan mulai rusak dan bergelombang," ujarnya.

Dia mendesak dinas terkait agar segera mempercepat proses perbaikan yang diawali dengan lelang proyek atau penunjukan langsung terhadap pihak ketiga.

Sehingga, sebelum arus mudik berlangsung, kondisi jalan sudah rapih dan layak dilewati.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Pedagang Pasar Belik Kabupaten Pemalang yang Terbakar Kebingungan

"Jangan sampai menunggu adanya korban jiwa, maka perbaikan jalan harus segera dilaksanakan. Ini sudah sangat mendesak mendekati arus mudik Lebaran," ujarnya.

Dia memprediksi, puncak arus mudik akan terjadi pada Sabtu (6/4/2024) hingga Senin (8/4/2024). Karenanya, proses lelang atau perbaikan harus sudah dikerjakan sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: