Ini Dia 6 Cara Mencegah Penyakit Anemia

Ini Dia 6 Cara Mencegah Penyakit Anemia

Ini Dia 6 Cara Mencegah Penyakit Anemia--

Kopi, teh, cokelat dan soda merupakan beberapa asupan yang banyak mengandung kafein. Minuman dan makanan ini menyebabkan tubuh menjadi sulit menyerap zat besi. 

Kamu bisa menghindari minum teh, kopi, cokelat ataupun soda pada saat makan ataupun setelah makan. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Buah untuk Bantu Cegah Anemia

4. Makan asupan vitamin B12 dan Folat 

Selain zat besi tubuh juga memerlukan vitamin B12 dan folat untuk memproduksi sel darah merah. Sebagai salah satu cara mencegah penyakit anemia, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 dan folat.

Makanan yang kaya akan vitamin B12 antara lain yakni daging sapid an ayam, hati, ikan, kerang, susu, telur, sereal dan biji-bijian. 

Sedangkan untuk makanan yang tinggi asam folat yakni antaralain bayam, brokoli asparagus, kacang polong, pisang dan juga jeruk.

5. Meningkatkan konsumsi vitamin C 

Cara mencegah penyakit anemia selanjutnya adalah dengan meningkatkan asupan vitamin C. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi agar tetap optimal. 

Selain itu, mengonsumsi asupan tinggi zat besi juga rentan mengalami anemia kamu juga perlu banyak makan-makanan yang kaya akan vitamin C. 

Beberapa buah dan sayur dengan kandungan vitamin C yang tinggi diantaranya jeruk, brokoli dan stroberi. 

BACA JUGA:Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Anemia pada Balita

6. Mengatasi penyebab kehilangan darah 

Kamu bisa konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah kesehatan semacam haid yang tidak normal hingga masalah pencernaan yang menimbulkan pendarahan. 

Dengan menyembuhkan penyebab utama anemia, maka kamu bisa mencega kondisi anemia dengan baik lagi. Nah itulah beberapa cara mencegah penyakit anemia yang bisa kamu lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: