8 Cara Mudah Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Bebas dari Jeratan Pinjol

8 Cara Mudah Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Bebas dari Jeratan Pinjol

cara melunasi utang pinjol yang menumpuk --foto personal finance

DISWAY JATENG - Cara melunasi utang pinjol yang menumpuk bisa kalian terapkan jika sedang terjebak dalam jeratan utang pinjaman online yang semakin membengkak. Lakukan secara tepat maka akan sangat efektif. 

Dengan adanya pinjol, banyak orang kesulitan mencari cara melunasi utang pinjol yang menumpuk. Pada akhirnya, hal ini menjadi penyebab masalah keuangan dalam hidup. Itulah mengapa pinjol sebenarnya bukan pilihan tepat untuk menutupi segala persoalan finansial yang dimiliki, apalagi hanya dipakai demi memenuhi gaya hidup konsumtif.

Terdapat beberapa alasan seseorang terjerat utang pinjol yang semakin membengkak, namun kini kalian tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara melunasi utang pinjol yang menumpuk secara cepat dan tepat. 

Lalu, bagaimana cara melunasi utang pinjol yang menumpuk? Berikut ada beberapa solusi efektif yang bisa kalian lakukan agar terbebas dari jeratan pinjol yang berkepanjangan. 

BACA JUGA:3 Tips Jitu Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat, Berikut Ciri-ciri Pinjol Legal yang Perlu Diketahui

 

1. Cari Pekerjaan Sampingan

Mendapatkan penghasilan tambahan bisa meningkatkan kemampuan untuk membayar utang. Dengan pendapatan ekstra utang bisa dilunasi lebih cepat. Jika pendapatan dari pekerjaan utama tidak mencukupi, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan tambahan.

2. Jalani Hidup Hemat

Menjalani gaya hidup hemat dapat menjadi strategi untuk melunasi utang pinjol. Dengan hidup hemat, kalian dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Tentu saja, tidak semua pengeluaran dapat dikurangi. Karena itu, perlu membuat strategi yang sesuai dengan kondisi keuangan kalian.

3. Buat Rencana Keuangan

Cara melunasi utang pinjol yang menumpuk dengan membuat catatan keuangan yang rapi, terutama jika kalian belum memiliki. Catat dengan detail berapa pendapatan dan pengeluaran rutin dalam periode tertentu. Dengan cara ini, kalian bisa menilai apakah pendapatan dan pengeluaran kalian seimbang atau tidak. Jika tidak, kalian bisa mengidentifikasi di mana letak kesalahannya.

BACA JUGA:6 Tips Jitu Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Menumpuk, Terbukti Aman dan Efektif

4. Minta Permohonan Pembayaran dengan Bunga Rendah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: