Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Lansia

Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Lansia

PELAYANAN LANSIA - Sejumlah dokter dan paramedis Dinkes Kabupaten Tegal mengikuti kegiatan Penguatan Pelayanan Kesehatan Lansia di Aula Gedung Candra Kirana Pemkab Tegal.Fofo:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal bakal meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat lanjut usia (Lansia). Hal itu karena target tahun 2024 pelayanan Kesehatan Lansia naik menjadi 90 % dari tahun sebelumnya yang hanya 80 %

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Ruszaeni mengatakan, berdasarkan data riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018, penyakit yang terbanyak pada lansia adalah penyakit tidak menular. 

BACA JUGA:Camat Salem Kabupaten Brebes Launching Program Jumat SAE

Antara lain, hipertensi, masalah gigi, penyakit sendi, masalah mulut, diabetes melitus, penyakit jantung dan stroke. Sedangkan penyakit menularnya yakni ISPA, diare dan pneumonia. 

Menurut Ruszaeni, di Jawa Tengah ada beberapa kabupaten/kota yang capaian pelayanan lansianya masih rendah. Mestinya, pelayanan minimal 85 % seperti capaian Provinsi Jawa Tengah.

Adapun, capaian yang masih rendah yakni, Kabupaten Pemalang, Wonogiri, Brebes, dan Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Kembangkan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana

Karena itulah, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah harus selalu mensupport kabupaten/kota untuk melaksanakan program pelayanan kesehatan lansia melalui kegiatan Penguatan Pelayanan Kesehatan Lansia di Kabupaten Tegal.

"Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan lansia di daerah termasuk di Kabupaten Tegal," kata Ruszaeni, saat acara tatap muka di Aula Gedung Candra Kirana, Pemkab Tegal.

Kegiatan itu dihadiri seluruh kepala puskesmas, programer lansia, lintas program penyakit tidak menular, promosi kesehatan dan gizi di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Rancang Revisi Regulasi Penyerahan PSU di Kabupaten Tegal

Hadir pula lintas sektor dari PKK dan juga Dinas Sosial Kabupaten Tegal. Adapun narasumbernya, Ketua Tim Kerja Program Kesehatan Ibu dan Lansia Dinkes Kabupaten Tegal Sairuroh SKM MKM. 

Kemudian Ketua Tim Kerja Lansia  Direktorat Usia Produktif Lansia Kemenkes RI dr Julina MM dan dr Bambang Joni Karjono SpPD-Kger.

BACA JUGA:Gandeng Lapas, PKBM Sakila Kerti Siap Latih dan Didik Warga Binaan Pemasyarakatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: