Camat Salem Kabupaten Brebes Launching Program Jumat SAE

Camat Salem Kabupaten Brebes Launching Program Jumat SAE

CANANGKAN - Camat Salem bersama jajaran mencanangkan pelaksanaan Jumat SAE (Jumat Salem Sehat ) yang digulirkan hingga ke tingkat pedesaan.Foto:Teguh Supriyanto/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, BREBES - Pemerintah Kecamatan Salem mengadakan program Jumat SAE (Jumat Salem Sehat ). Pelaksanaan inovasi kegiatan Jumat SAE. Untuk menerapkan pola hidup sehat kepada masyarakat. Tujuannya agar terhindar dari risiko penyakit, mulai saat ini hingga masa depan, sekaligus meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu melawan radikal bebas yang menyerang tubuh.

Camat Salem Adhitya Trihatmoko menyampaikan, kecamatan memiliki fungsi atributif yakni menyelenggarakan urusan pemerintahan umum yang di dalamnya. Camat sebagai koordinator penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan, wajib meningkatkan dan mendukung pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kecamatan Salem.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Kembangkan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana

"Kecamatan sebagai pelaksana urusan Pemerintahan, salah satunya yang berkaitan dengan pelayanan dasar di bidang kesehatan," ungkap Adhitya. 

Program ini lanjut dia, juga didasari pelaksanaan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2018 tentang Kecamatan. 

"Sehingga Pemerintah Kecamatan Salem, memiliki kepedulian untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan melalui Jumat SAE," ucapnya.

BACA JUGA:Rancang Revisi Regulasi Penyerahan PSU di Kabupaten Tegal

Pola hidup sehat dalam kegiatan Jumat SAE adalah rangkaian kegiatan dari cek kesehatan (Cek Tensi Darah, Asam Urat dan Cek Gula Darah) yang difasilitasi dari UOBF (Unit Organisasi Bersifat Fungsional) Puskesmas Salem dan Puskesmas Bentar, senam bersama, bersih bersih lingkungan dan pemberian makanan tambahan Sehat dan bergizi yang disuport oleh Dinas, Instansi/Lembaga, Sekolah dari tingkat SD hingga SLTA, Pemerintah Desa se Kecamatan Salem. 

Launching program Jumat SAE dilaksanakan di alun-alun dan halaman Kantor Kecamatan Salem. Kegiatan diawali dengan cek kesehatan, sambutan Camat Salem. Dilanjutkan pelepasan balon dan banner Jumat SAE bersama Kapolsek dan Danramil Salem dan kepala UOB Puskesmas Salem dan Puskesmas Bentar.

BACA JUGA:Gandeng Lapas, PKBM Sakila Kerti Siap Latih dan Didik Warga Binaan Pemasyarakatan

Acara juga diisi dengan senam bersama yang diikuti oleh sekitar 350 peserta, terdiri dari guru, karyawan-karyawati dan perangkat desa di Wilayah Kecamatan Salem. Dilanjutkan dengan santap bersama Makanan Sehat dan bergizi dan donor darah yang difasilitasi dari PMI Cabang Brebes.

Rangkaian kegiatan akan dilaksanakan secara rutin di tingkat kecamatan pada hari Jumat minggu ke IV setiap bulannya. Serta pada hari Jumat minggu ke I, II, dan ke III dilaksanakan pada masing-masing dinas, instansi/lembaga, sekolah. Dari TK, SD,  SLTA, pemerintah desa di wilayah Kecamatan Salem. Yaitu dengan melakukan kegiatan kebersihan lingkungan di wilayah masing-masing.

BACA JUGA:Puskesmas Tegal Timur Adakan Pelatihan Pengolahan Pemberian Makanan Tambahan

Kepala Desa Ciputih Becho menyambut baik diluncurkan program Jumat SAE yang merupakan inovasi camat Salem dalam menerapkan pola hidup sehat kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: