Ini Dia 6 Cara Mencegah Penyakit Anemia

Ini Dia 6 Cara Mencegah Penyakit Anemia

Ini Dia 6 Cara Mencegah Penyakit Anemia--

DISWAY JATENG – Anemia merupakan kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah, protein dalam sel darah merah ini berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke paru-paru dan seluruh jaringan tubuh. Nah lantas bagaimana cara mencegah penyakit anemia yang bisa kamu lakukan?

Saat seseorang mengalami masalah kesehatan seperti anemia, seringkali tubuh terasa lemah dan lesu. Kebanyakan orang yang menderita anemia juga mengalami kekurangan zat besi, nah cara mencegah penyakit anemia dapat dilakukan dengan berbagai cara. 

Cara mencegah penyakit anemia dapat dilakuakan dengan mengantisipasi anemia yang disebabkan oleh kondisi khusus seperti sedang haid, hamil ataupun kekurangan nutrisi tertentu. 

Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai cara mencegah penyakit anemia. Yuk simak biar kamu lebih tau!

BACA JUGA:Makanan dan Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Anemia secara Alami

Cara mencegah penyakit anemia 

1.Makan Asupan zat besi 

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa menjadi salah satu cara mencegah penyakit anemia lho. Sebab, anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. 

Beberapa makanan kaya akan zat besi diantaranya yakni daging ayam tanpa lemak, sayuran hijau dan juga kacang-kacangan. 

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Anemia dengan Mudah dan Aman

2.Pola makan yang seimbang 

Menjaga pola makan agar tetap bergizi seimbang bisa dengan cara menjaga gaya hidup yang sehat termasuk dengan mencegah penyakit anemia. Menurut Kementrian Kesehatan, pedoman gizi seimbang menggunakan pandungan isi Piringku. 

Yakni membagi piring menjadi dua bagian, kemudian gunakan setengah bagian piring sebanyak 2/3 bagian diisi makanan pokok seperti nasi, kentang dll. Kemudian 1/3 bagian lainnya diisi dengan buah-buahan. 

3. Menghindari minum teh ataupun kopi pada saat makan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: