5 Cara Mencegah Anemia dengan Mudah dan Aman

5 Cara Mencegah Anemia dengan Mudah dan Aman

5 Cara Mencegah Anemia dengan Mudah, Yuk Simak!--

DISWAY JATENG – Cara mencegah anemia bisa dengan mudah kamu lakukan, sebab masalah anemia tidak bisa kamu anggap sepele. Kondisi ini terjadi ketika sel darah merah pada tubuh berkurang. 

Tanda-tanda kamu mengalami anemia adalah mudah lelah, sering lemas, kulit nampak pucat, hingga kesulitan bernafas. Nah bagaimana cara mencegah anemia yang bisa kamu lakukan? 

Untuk kamu yang memiliki kondisi masalah kesehatan seperti yang disebutkan diatas, kamu bisa mencari cara mencegah anemia dengan mudah, untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel di bawah ini!

Cara mencegah anemia

Jika kamu memiliki masalah anemia dikarenakan tubuh yang kurang mendapatkan suplai darah yang cukup. Akibatnya tubuh mu jadi lebih mudah merasa lelah, lemas hingga mudah pusing. 

Setiap jenis anemia memiliki gejala yang melemahkan bahkan mengganggu aktvitas harian kamu. Meski demikian, ada beberapa pilihan cara mencegah anemia yang bisa kamu lakukan. 

BACA JUGA:5 Jenis Minuman yang Harus Dihindari untuk Mencegah Anemia, Salah Satunya Minuman Bersoda

1.Mengurangi konsumsi alkohol 

Cara mencegah anemia yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol. Mengonsumsi alkohol bisa menurunkan kadar sel darah merah yang ada pada sumsum tulang belakang. 

Hal tersebut terjadi karena alkohol menghambat penyerapan nutrisi pada makanan. Nutrisi tersebut diantaranya asam folat dan vitamin B12 yang sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah pada tubuh. 

Karena itu, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. 

2. Memenuhi kebutuhan vitamin C

Cara selanjutnya adalah dengan rutin mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C juga bisa menjadi salah satu cara mencegah anemia dengan lebih alami. Vitamin C turut berperan dalam memaksimalkan penyerapan zat besi. 

Dalam satu hari, setidaknya seseorang membutuhkan asupan vitamin C minimal 75mg agar sel darah merah dan fungsi tubuh tetap berjalan dengan optimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: