Kolaborasi dengan Provinsi Jateng, Desa Dukuhbangsa Kabupaten Tegal Wujudkan Destana

Kolaborasi dengan Provinsi Jateng, Desa Dukuhbangsa Kabupaten Tegal Wujudkan Destana

APRESIASI - Kalak BPBD Elliya Hidayah mendukung dan mengapresiasi pembentukan Destana di Desa Dukuhbangsa.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Satu lagi Desa Tangguh Bencana  (Destana) berhasil dibentuk di Desa Dukuhbangsa, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal. Kegiatan ini berhasil diwujudkan berkat kolaborasi bersama BPBD Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Desa Dukuhbangsa.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Solikhin menyatakan, kegiatan akan dilangsungkan selama 3 hari dan diikuti sebanyak 40 peserta. 

"Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan masyarakat Desa Dukuhbangsa dalam menghadapi potensi bencana," ujarnya, Rabu (26/6/2024).

BACA JUGA:Dinkes Kabupaten Tegal Tekan Peredaran Produk Pangan Berbahaya

Dalam pelatihan ini, para peserta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam penanganan bencana. Termasuk cara evakuasi yang aman, pertolongan pertama serta langkah-langkah mitigasi risiko bencana. Selain itu, diadakan juga simulasi penanganan bencana untuk memperkuat pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan.

Program pembentukan Destana merupakan salah satu upaya strategis untuk membentuk masyarakat yang tangguh dan mandiri dalam menghadapi bencana. Melalui kegiatan ini, BPBD Kabupaten Tegal berharap masyarakat Desa Dukuhbangsa dapat lebih siap dalam upaya pengurangan risiko bencana.

BACA JUGA:Bacabup Tegal Ahmad kholid Didukung DPC, PAC dan Ranting Gerindra

"Serta dapat meminimalisir dari dampak bencana yang mungkin terjadi," ungkapnya.

Destana juga  mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pihak, termasuk perangkat desa dan peserta yang hadir. Mereka berharap agar program serupa dapat terus dilakukan di desa-desa lainnya. Sehingga semakin banyak masyarakat yang memiliki kesadaran dan kesiapan dalam menghadapi bencanabencana. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: