8 Cara Melindungi Data Pribadi di Internet, Solusi Bebas dari Teror dan Penyalahgunaan Data

8 Cara Melindungi Data Pribadi di Internet, Solusi Bebas dari Teror dan Penyalahgunaan Data

cara melindungi data pribadi di internet --foto idcloudhost

BACA JUGA:Cara Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol secara Permanen, Lakukan 4 Langkah Ini agar Data Tetap Terjaga

5. Gunakan Mode Incognito

Mode Incognito atau mode penyamaran pada browser web bisa membantu melindungi privasi kalian dengan mencegah browser menyimpan riwayat penelusuran, cookie, atau data situs web lainnya. Meskipun tidak menjamin privasi sepenuhnya, penggunaan mode incognito bisa membantu mengurangi jejak digital kalian secara online, terutama saat menggunakan komputer atau perangkat yang bersama-sama digunakan dengan orang lain.

6. Hati-hati dengan WiFi Publik

Ketika menggunakan jaringan WiFi publik, penting untuk meningkatkan kewaspadaan karena jaringan tersebut rentan terhadap serangan yang bisa mengakibatkan pencurian data pribadi. Hindari mengakses atau mentransfer informasi sensitif saat terhubung ke WiFi publik, kecuali jika kalian menggunakan koneksi yang aman seperti VPN (Virtual Private Network). Pastikan selalu untuk memverifikasi keamanan jaringan sebelum mengakses informasi penting.

7. Waspada Terhadap Tautan Mencurigakan

Salah satu teknik umum yang digunakan oleh penjahat cyber untuk mencuri data pribadi yaitu phishing, di mana mereka mengirim tautan yang tampaknya sah tetapi sebenarnya mengarah ke situs web palsu yang dirancang untuk mencuri informasi. Karena itu, selalu waspada terhadap tautan yang mencurigakan, terutama jika mereka datang dari sumber yang tidak dikenal atau tidak dipercayai. Pastikan untuk memverifikasi keaslian tautan sebelum mengkliknya, dan hindari memberikan informasi sensitif melalui tautan yang mencurigakan.

BACA JUGA:6 Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi yang Paling Efektif

Adapun praktek phising biasanya dilakukan dengan cara mengirim tautan mencurigakan melalui WhatsApp, pesan teks, email, dan telepon.

8. Rutin Update Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang tidak diperbarui rentan terhadap serangan keamanan yang bisa mengancam keamanan data pribadi. Karena itu, penting untuk secara rutin memeriksa dan menginstal pembaruan perangkat lunak, termasuk sistem operasi, program antivirus, dan aplikasi lainnya. 

Itulah beberapa informasi seputar cara melindungi data pribadi di Internet yang bisa kalian lakukan agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: