6 Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi yang Paling Efektif

6 Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi yang Paling Efektif

cara menghentikan pinjol sebar data pribadi --foto ilmiah

DISWAY JATENG - Ada beberapa cara menghentikan pinjol (pinjaman online) sebar data pribadi nasabah. Apalagi, maraknya pinjol ilegal yang menyebarluaskan data pribadi nasabah ke jaringan lainnya. Maka tetap waspada dan hati-hati dalam memilih pinjol. 

Data pribadi yang disebarluaskan atau disalahgunakan oleh pinjol ilegal bisa berupa data kontak darurat, foto, nomor telepon, hingga alamat. Karena itu, perlu kalian mengetahui cara menghentikan pinjol sebar data pribadi yang bisa kalian coba. 

Hal ini sangat merugikan bagi nasabah atau kalian sendiri. Bahkan banyak yang mengeluhkan karena menjadi korban kontak darurat meski mereka tidak pernah meminjam. Maka dari itu, ketahui cara menghentikan pinjol sebar data pribadi agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Dibawah ini ada beberapa cara menghentikan pinjol sebar data pribadi yang menjadi solusi buat kalian, agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

BACA JUGA:Tetap Waspada! Inilah 7 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Perlu Kalian Perhatikan

Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi 

Berikut ini adalaha beberapa solusi yang bisa kalian lakukan untuk menghentikan penyebaran data pribadi di pinjaman online yang bisa kalian coba, sebagai berikut : 

1. Buat Kesepakatan

Jika kalian belum bisa melunasi pinjaman dan bunganya, kalian bisa membuat kesepakatan dengan pihak pinjaman online tersebut mengenai cara penagihannya. Kalian bisa meminta keringanan dengan cara baik-baik dan membuat surat perjanjian supaya tidak terjadi masalah di masa yang akan datang.

2. Hapus Izin Aplikasi Pinjaman Online 

Jika data pribadi kalian sudah disalahgunakan, kalian bisa hapus data dan cache aplikasi HP ataupun dengan langsung meng-uninstall aplikasinya. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko data pribadi kalian tersebar secara lebih meluas.

BACA JUGA:Tetap Waspada! Inilah 7 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Perlu Kalian Perhatikan

3. Segera Lunasi Pinjaman

Cara menghentikan pinjaman online sebar data pribadi selanjutnya yaitu segera melunasi pinjaman tersebut, Langkah ini perlu dilakukan ketika kalian sudah terlanjur terlibat dengan pinjaman online yang ilegal dan segera melunasi semua tunggakan yang tersisa. Pada umumnya, ancaman penyebaran data nasabah dilakukan untuk mendesak nasabah untuk segera melunasi tunggakan beserta bunganya tersebut. Karena itu, kalian harus melunasinya terlebih dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: