8 Cara Melindungi Data Pribadi di Internet, Solusi Bebas dari Teror dan Penyalahgunaan Data

8 Cara Melindungi Data Pribadi di Internet, Solusi Bebas dari Teror dan Penyalahgunaan Data

cara melindungi data pribadi di internet --foto idcloudhost

DISWAY JATENG - Penyebaran dan penyalahgunaan data kini marak dilakukan. Data pribadi bisa digunakan untuk berbagai motif kejahatan termasuk kejahatan di dunia maya. Untuk menghindari risiko tersebut, cara melindungi data pribadi di Internet dapat dilakukan.  

Di era digital saat ini, internet telah menjadi salah satu kebutuhan primer di kehidupan sehari-hari. Faktanya, internet telah memberikan kemudahan dalam banyak hal dan bisa diakses oleh semua orang dari berbagai kalangan. Karena itu, ketahui cara melindungi data pribadi di Internet agar tidak disalahgunakan. 

Agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan data yang bersifat privasi. Salah satunya yaitu cara melindungi data pribadi di Internet agar data tetap terjaga. 

Lantas, bagaimana cara melindungi data pribadi di Internet? Berikut ada beberapa langkah cerdas yang dapat kalian terapkan agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

BACA JUGA:6 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi agar Data Tetap Aman dan Tidak Disalahgunakan

 

1. Hati-hati dalam Memilih Aplikasi di HP

Cara melindungi data pribadi di Internet yaitu dengan berhati-hati dalam memilih aplikasi untuk diunduh. Ketika mengunduh aplikasi di perangkat seluler, pastikan hanya menginstal aplikasi dari sumber yang terpercaya, seperti aplikasi resmi Google Play Store atau App Store.

2. Buat Kata Sandi yang Sulit Ditebak

Kata sandi merupakan lapisan pertahanan penting dalam melindungi data pribadi. Pastikan untuk membuat kata sandi yang sulit ditebak dengan menggabungkan huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus. 

3. Data Terenkripsi

Cara melindungi data pribadi di Internet yang selanjutnya dengan memastikan bahwa data disimpan dalam format yang terenkripsi. Enkripsi yaitu proses mengonversi informasi menjadi kode yang hanya bisa dibuka atau diakses oleh pihak yang memiliki kunci enkripsi yang tepat. Dengan menerapkan enkripsi pada data pribadi, kalian bisa meningkatkan tingkat keamanan dan melindungi informasi sensitif dari akses yang tidak sah.

4. Tidak Memberikan Informasi Data Pribadi di Media Sosial

Selalu pertimbangkan risiko privasi sebelum membagikan informasi apa pun di platform media sosial. Hal ini menjadi cara efektif untuk melindungi data pribadi di media sosial yang sangat penting, karena seringkali orang tidak sengaja menyebarkan informasi data di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: