6 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi agar Data Tetap Aman dan Tidak Disalahgunakan

6 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi agar Data Tetap Aman dan Tidak Disalahgunakan

cara menghentikan pinjol sebar data pribadi --foto berita99.co

DISWAY JATENG - Berikut ada beberapa cara menghentikan pinjol (pinjaman online) sebar data pribadi nasabah. Apalagi, maraknya pinjaman online ilegal yang disalahgunakan dan disebarluaskan data pribadi nasabah mereka ke jaringan lainnya.

Hal ini sangat merugikan bagi nasabah atau kalian sendiri. Bahkan banyak yang mengeluhkan karena menjadi korban kontak darurat meski mereka tidak pernah meminjam. Namun, cara menghentikan pinjol sebar data pribadi menjadi solusi tepat untuk menghindarinya. 

Data pribadi yang disebar dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang belum resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dapat berupa foto, alamat, nomor telepon, hingga data kontak darurat. Karena itu, perlu kalian ketahui cara menghentikan pinjol sebar data pribadi agar data tetap aman dan terjaga. 

Pada artikel kali ini, Disway Jateng telah merangkum dari berbagai sumber mengenai cara menghentikan pinjol sebar data pribadi yang dapat kalian coba dan lakukan supaya data tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

BACA JUGA:6 Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi yang Paling Efektif

BACA JUGA:Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi Jika Sudah Terlanjur Didaftarkan, 3 Langkah Cerdas ini Dijamin Efektif

Cara Menghentikan Pinjaman Online / Pinjol Sebar Data Pribadi 

Berikut adalah beberapa cara menghentikan pinjol (pinjaman online) sebar data pribadi nasabah agar data kalian tidak disalahgunakan dan disebarluaskan, sebagai berikut: 

1. Jangan Sembarang Memberikan Informasi Pribadi

Saat mengajukan pinjol alias pinjaman online, pastikan bahwa kalian tidak memberikan informasi pribadi yang tidak diperlukan, seperti nomor KTP atau nomor rekening bank. Hal ini akan sangat berbahaya apabila layanan yang kalian pakai merupakan platfrom ilegal.

2. Lapor ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan) 

Cara menghentikan pinjaman online sebar data pribadi juga bisa dengan melaporkan penyebaran data pribadi oleh pinjaman online tersebut ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan begitu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bisa mengambil tindakan terhadap pinjaman online yang ilegal yang meresahkan tersebut.

3. Segera Lunasi Pinjaman

Langkah selanjutnya cara menghentikan pinjol sebar data pribadi yang perlu dilakukan ketika kalian sudah terlanjur terlibat dengan pinjaman online ilegal yaitu dengan segera melunasi semua tunggakan yang tersisa. Pada umumnya, ancaman penyebaran data nasabah dilakukan untuk mendesak nasabah agar segera melunasi tunggakan beserta bunganya. Karena itu, kalian harus melunasinya terlebih dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: