Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi Jika Sudah Terlanjur Didaftarkan, 3 Langkah Cerdas ini Dijamin Efektif

Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi Jika Sudah Terlanjur Didaftarkan, 3 Langkah Cerdas ini Dijamin Efektif

Cara mencegah pinjol sebar data pribadi --

DISWAY JATENG - Berikut beberapa cara mencegah pinjol sebar data pribadi jika sudah terlanjur didaftarkan. Simak artikel ini sampai tuntas, supaya tidak mengalami berbagai kerugian. 

Pinjol atau pinjaman online adalah layanan keuangan yang memungkinkan kita meminjam uang secara online dengan mudah dan cepat. Selain menawarkan kemudahan, Anda juga perlu tahu cara mencegah pinjol sebar data pribadi.

Saat ini, sudah banyak pinjol ilegal yang beroperasi tanpa izin dan pengawasan dari OJK. Karena itu, sebaiknya hindari dan tahu cara mencegah pinjol sebar data pribadi supaya tidak terjadi berbagai kerugian.

Data pribadi yang disebarluaskan oleh pinjol ilegal bisa berupa nomor telepon, alamat, foto, hingga data kontak darurat kita. Berikut beberapa cara mencegah pinjol sebar data pribadi yang efektif untuk dilakukan.

BACA JUGA:5 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Sepeser Pun, Auto Lepas dari Beban Tagihan

Sebelum Meminjam

Cara mencegah pinjaman online sebar data pribadi pertama, yaitu pastikan sebelum meminjam gunakan platfrom legal terdaftar di OJK. Anda bisa cek daftar pinjol resmi di website OJK atau aplikasi OJK Investasi.

Selain itu, Anda juga bisa cek melalui WhatsApp 081-157-157-157 dan langsung ketik nama aplikasi pinjol guna mendapat jawaban. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak terjebak dalam jeratan pinjol ilegal.

Setelah menemukan aplikasi pinjol yang ingin digunakan, pahami syarat dan ketentuan pinjol dengan teliti. Perhatikan bunga, denda, jangka waktu, dan cara pembayaran pinjol.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari data pribadi yang tidak relevan atau berlebihan di pinjol. Misalnya, data keluarga, data pekerjaan, data rekening bank, dll.

BACA JUGA:4 Ciri-ciri Pinjol yang Ada DC Lapangan, Pahami Sebelum Mengajukan

Kemudian pastikan juga tidak memberikan izin akses kontak, galeri, kamera, atau mikrofon kepada aplikasi pinjol. Hal ini bisa membahayakan privasi peminjam dan orang lain.

Setelah Meminjam

Lalu bagaimana cara mencegah pinjol sebar data pribadi jika sudah terlanjur menggunakan pinjol? Untuk mencegah informasi pribadi disalahgunakan pastikan bayar angsuran tepat waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: