4 Ciri-ciri Pinjol yang Ada DC Lapangan, Pahami Sebelum Mengajukan

4 Ciri-ciri Pinjol yang Ada DC Lapangan, Pahami Sebelum Mengajukan

Ciri-ciri pinjol yang ada DC lapangan--

DISWAY JATENG - Pinjaman online menjadi layanan keuangan yang digunakan sebagihan orang untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Sebelum menggunakan layanan fintech, Anda perlu tahu ciri-ciri pinjol yang ada DC lapangan terbaru 2024.

Dengan memahami ciri-ciri pinjol yang ada DC lapangan, diharapkan bisa terhindar dari penyalahgunaan pinjaman agar aman dari teror. Selain menawarkan kemudahan, pinjol juga memiliki risiko merugikan jika nasabah galbay, salah satunya dikejar DC.

Debt collector merupakan tim penagih pihak ketiga yang bertugas untuk mendatangi rumah atau tempat kerja nasabah. Ciri-ciri pinjol yang ada DC lapangan perlu dipahami supaya nasabah tidak mengalami praktik penagihan dari platfrom ilegal.

Penagihan DC lapangan di pinjol legal tentu saja sesuai aturan yang berlaku, berbeda dengan platfrom ilegal. Berikut informasi lengkap ciri-ciri pinjol yang ada DC lapangan terbaru 2024.

BACA JUGA: 5 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Sepeser Pun, Auto Lepas dari Beban Tagihan

Ciri-ciri pinjol yang ada DC lapangan 

1. Memiliki izin dan pengawasan resmi dari OJK

Ciri-ciri pinjol yang ada DC lapangan pertama, yaitu memiliki izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK merupakan lembaga yang berwenang mengatur dan mengawasi sektor jasa keuangan di Indonesia, termasuk pinjol.

Di website resmi OJK sudah ada daftar pinjol yang terdaftar dan berizin yang dapat Anda cek. Anda bisa memeriksa apakah pinjol yang ingin digunakan masuk dalam daftar tersebut.

Jika tidak, maka kemungkinan besar pinjol tersebut ilegal dan berpotensi memiliki DC lapangan yang tidak profesional. Berbeda dengan platfrom legal, debt collector menagih sesuai dengan aturan.

2. Syarat dan ketentuan yang dimiliki jelas

Ciri kedua, yakni memastikan bahwa pinjol yang ingin digunakan memiliki syarat dan ketentuan yang jelas. Syarat dan ketentuan merupakan perjanjian antaran peminjam dan penyedia pinjaman yang mengatur gak dan kewajiban masing-masing.

BACA JUGA: Utang di Bawah 1 Juta Apakah Didatangi DC Lapangan Pinjol? Begini Penjelasan Lengkapnya

Syarat dan ketentuan mencakup informasi tentang produk pinjaman, bunga, biaya, jangka waktu, cara pembayaran, sanksi, dan proses penagihan. Anda harus membaca dan memahami syarat dan ketentuan sebelum mengajukan pinjaman online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: