4 Cara Ampuh Menghindari Penipuan Pinjol Ilegal

4 Cara Ampuh Menghindari Penipuan Pinjol Ilegal

cara menghindari penipuan pinjol ilegal --foto kilas fintech

Dalam kebijakan dan peraturan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), semua penyelenggaraan pinjaman online perlu mendaftarkan diri dan menjadi bagian dalam Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH). Untuk melihat apakah pinjaman online yang ingin kalian gunakan tepercaya atau tidak, cobalah melihat daftar AFTECH.

4. Melihat Semua Persyaratan Terkait

Cara menghindari penipuan pinjol ilegal dengan melihat semua persyaratan yang diberikan oleh penyelenggara pinjaman online. Apabila kalian menemukan kejanggalan seperti bunga yang sangat rendah dan sangat berbeda dengan pinjaman online lainnya, pinjol tersebut patut dipertanyakan. 

BACA JUGA:Kenali 3 Modus Penipuan Pinjol Ilegal Terbaru 2024 untuk Menjerat Korban, AFPI Minta OJK Lebih Tegas

Kalian juga perlu mulai waspada saat ada pinjaman online yang tidak memerlukan persetujuan atau tidak ada informasi yang jelas. Apabila ada informasi yang kelihatannya terlalu baik atau too good to be true, kalian juga harus waspada dan meneliti penyelenggara tersebut lebih jauh. 

Secara umum, ada 3 cara melaporkan pinjol ilegal yang menipu : melapor pada kepolisian, satgas waspada investasi, dan Kominfo. Supaya kalian tidak menjadi korban penipuan, ada baiknya tetap waspada dan teliti saat memilih layanan pinjol.

Dengan demikian beberapa informasi seputar cara menghindari penipuan pinjol ilegal yang perlu kalian ketahui dan perhatikan agar tidak terjebak ke dalam pinjaman online yang ilegal. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: