4 Cara Ampuh Menghindari Penipuan Pinjol Ilegal

4 Cara Ampuh Menghindari Penipuan Pinjol Ilegal

cara menghindari penipuan pinjol ilegal --foto kilas fintech

DISWAY JATENG - Cara menghindari penipuan pinjol ilegal dapat mengamankan nasabah dari praktik penagihan yang kasar. Dengan ini, kalian bisa aman dari berbagai risiko yang merugikan. Dan tetap waspada terhadap iming-iming dari pinjol ilegal. 

Pinjol ilegal merupakan layanan penyedia pinjaman yang tidak memenuhi syarat dari OJK, cara menghindari penipuan pinjol ilegal bisa kalian coba dan lakukan agar terhindar dari penagihan yang tidak wajar. Jangan tergiur dengan penawaran yang tidak wajar, dan jangan termakan testimoni palsu yang tertera pada website atau media sosial semata. 

Cara menghindari penipuan pinjol ilegal menjadi solusi yang tepat, karena sangat banyak praktik penipuan yang berkedok pinjaman online, tidak sedikit juga dari pinjol ilegal. Maka dari itu perhatikan baik-baik track record dan semua izin usaha yang mereka miliki. 

Lantas, bagaimana cara menghindari penipuan pinjol ilegal? Agar kalian tidak menjadi korban dari penipuan berkedok pinjaman online, dibawah ini ada beberapa hal penting yang harus kalian ketahui dan periksalah dari pinjaman online yang ingin kalian gunakan. 

BACA JUGA:Kenali 4 Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjol Ilegal dan Cara Mengatasinya agar Tidak Terjebak

Cara Menghindari Penipuan Pinjol Ilegal

1. Memeriksa Aplikasi di Play Store atau App Store untuk Mengindari Penipuan Pinjol

Setiap pinjaman online yang sudah memiliki izin dari OJK biasanya memiliki aplikasi yang ada di Play Store atau App Store. Sebaliknya, para penyelenggara pinjol yang ilegal atau hanya ingin menipu biasanya tidak memiliki aplikasi yang ada di Play Store atau App Store. Mereka terbiasa menggunakan SMS atau WhatsApp, karena itu berhati-hatilah saat ada nomor yang tidak dikenal menghubungi kalian.

2. Memeriksa Track Record untuk Menghindari Penipuan Pinjaman Online

Tidak cukup dengan melihat daftar AFTECH, kalian perlu jeli melihat track record perusahaan dan penyelenggara pinjaman online tersebut. Coba cari tahu melalui berita dan artikel yang ada di internet, pastikan juga bahwa berita dan artikel yang kalian baca merupakan media yang sudah terbukti berintegritas dan bisa dipercaya.

BACA JUGA:3 Modus Penipuan Pinjol Ilegal Terbaru 2024 yang Sering Menjebak Korban, Nomor 1 Jangan Sampai Terabaikan

3. Memeriksa Daftar Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH)

Cara menghindari penipuan pinjaman online ilegal yang paling ampuh yaitu dengan memilih pinjol yang ada pada daftar resmi OJK.

Pinjaman online yang sudah terdaftar di AFTECH sudah memiliki izin operasional dari OJK. Jangan tertipu dengan logo atau tulisan OJK yang ada website dan media sosial semata. Mereka bisa saja menggunakan logo dan tulisan tanpa memiliki izin yang sesungguhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: