5 Fakta Menarik Tentang Kota Tegal yang Jarang Diketahui, Dijuluki Jepangnya Indonesia

5 Fakta Menarik Tentang Kota Tegal yang Jarang Diketahui, Dijuluki Jepangnya Indonesia

Fakta menarik tentang kota Tegal, dijuluki Jepangnya Indonesia--

DISWAY JATENG - Berikut beberapa fakta menarik tentang Kota Tegal yang berada di daerah Jawa Tengah. Tegal yang biasa disebut Kota Bahari memiliki berbagai macam fakta menarik yang perlu diketahui, khususnya warga Tegal ya.

Salah satu fakta menarik tentang Kota Tegal, yakni pada zaman dahulu kota ini dinamakan Tetegal. Kota ini dahulu diatur oleh Ki Gede Sebayu yang berdiam di Danawarih.

Karena daerah ini luas dan umumnya berupa ladang, maka oleh Ki Gede Sebayu dinamakan Tegal. Tak hanya itu saja, fakta menarik tentang Kota Tegal tersebut hanya informasi umum yang sudah banyak diketahui oleh orang.

Di bawah ini, artikel Disway Jateng akan mengulas secara lengkap tentang fakta menarik tentang Kota Tegal. Berikut beberapa fakta yang jarang diketahui oleh banyak orang mengenai kota Tegal.

BACA JUGA:20 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank, Nomor 1 Masuk 10 Besar Nasional!

 

1. Memiliki Julukan Kota Bahari

Seperti yang diketahui Kota Tegal memiliki julukan khas yaitu, Kota Bahari. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata bahari berarti mengenai laut atau segala sesuatu yang berhubungan dengan laut

Julukan ini diberikan lantaran daerah ini berada di pusat jasa dan perdagangan yang terletak di pesisir utara. Bahkan Kota Tegal sendiri kental dengan kemaritimannya, hal ini yang menyebabkan Kota Tegal Dijuluki Kota Bahari.

2. Dijuluki Jepangnya Indonesia

Tak hanya dijuluki sebagai Kota Bahari saja, fakta menarik tentang Kota Tegal yang jarang diketahui orang yaitu memiliki julukan Jepangnya Indonesia. Hal ini dikarenakan di Tegal memiliki sejumlah industri pengecoran dan pengerjaan logam yang sudah ada sejak 1940.

Industri tersebut didirikan oleh tentara Jepang untuk memenuhi berbagai kebutuhan peralatan perang. Dengan keahlian dari masyarakat Jepang tersebut, maka keahlian yang dimiliki digunakan untuk membuka usaha bengkel, alat pertanian, oderdil mobil atau motor, dan perhiasan.

BACA JUGA:9 Nama Desa Paling Unik dan Lucu di Jawa Tengah, Salah satunya Kandang Sapi!

3. Tradisi Moci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: