Peringati HPSN, DLH Kota Tegal Gelar Apel Bersama Atasi Sampah Plastik secara Produktif

Peringati HPSN, DLH Kota Tegal Gelar Apel Bersama Atasi Sampah Plastik secara Produktif

KOMPAK - Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, forkopimda, Sekda drg Agus Dwi Sulistyantono, Kepala DLH Nany Lestari dan tamu undangan. --

DISWAYJATENG, TEGAL - Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Melaksanakan Apel Bersama dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kota Tegal 2024 di halaman Pendapa Ki Gede Sebayu.

Peringatan tersebut mengangkat tema 'Atasi Sampah dengan Cara Produktif'. Tema diambil karena persoalan sampah plastik yang belum terselesaikan hingga sekarang. 

Selain apel bersama, peringatan HPSN  diisi dengan penghargaan proper dan lomba kreativitas anak. Dengan harapan dapat meningkatkan prestasi dan inovasi dalam menangani permasalahan sampah. 

BACA JUGA:Personel Satsamapta Polres Tegal Asah Ulang Power on Hand Pengendali Massa

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal Nany Lestari mengatakan bahwa permasalahan sampah harus dikelola dengan baik. Karena termasuk salah satu isu lingkungan strategis. 

Sehingga saat sampah menumpuk akan berdampak pada lingkungan. Dan itu bisa menyebabkan kerusakan lingkungan, kesehatan dan sebagainya. 

"Kita harus bisa mengatasi, dengan cara mengatasi sampah plastik secara produktif," katanya. 

BACA JUGA:Harga Cabai, Bawang hingga Daging Ayam Naik, Tomat Turun di Kabupaten Tegal

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono meminta semua pihak. Baik pemerintah daerah, produsen dan masyarakat luas untuk mendukung pemenuhan target nasional. Dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah.

“Kita harap peringatan HPSN 2024 untuk mendorong peran semua pihak mendukung pemenuhan target nasional. Dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah,” ujarnya.

Dedy Yon mengatakan, sampah merupakan salah satu isu lingkungan terbesar yang dihadapi Indonesia. Data menunjukan bahwa Indonesia 66.47 persen sampah terkelola dengan baik, sedangkan 33.53 persen sampah tidak terkelola. 

BACA JUGA:SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Adakan Tes Rekrutmen PT CNK

"Hal ini tentu menjadi masalah serius bagi kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan," ujarnya.

Pihaknya mengajak masyarakat Kota Tegal untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat. Lingkungan yang bersih dan sehat adalah hak dan tanggung jawab  bersama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: