Peringati Hari Kartini, SD Negeri Cabawan 2 Kota Tegal Adakan Berbagai Lomba

Peringati Hari Kartini, SD Negeri Cabawan 2 Kota Tegal Adakan Berbagai Lomba

PERINGATI - Kepala SDN Cabawan 2 Kota Tegal Erwin bersama guru dan siswa sedang memperingati Hari Kartini.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - SD Negeri Cabawan 2 Kota Tegal mengadakan berbagai lomba dalam rangka memperingati Hari Kartini. Kegiatan  memiliki beberapa manfaat yang dapat membawa dampak positif bagi siswa. Untuk lomba yaitu menyanyi sambung, fashion show dan merangkai parcel buah.

Manfaat yang bisa diambil diantaranya mengenalkan tokoh inspiratif yang berarti Hari Kartini adalah momen yang tepat. Untuk mengenalkan sosok Kartini sebagai tokoh inspiratif dalam perjuangan memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan. 

BACA JUGA:Mahasiswa dan Alumni Poltek Harber Tegal Masuk Dunia Industri Jepang

Hal ini Ini dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi untuk belajar dan berjuang meraih cita-cita mereka. Kemudian mendorong kesetaraan gender dengan memahami perjuangan Kartini dapat membantu peserta didik memahami pentingnya kesetaraan gender. 

"Hal ini dapat membantu mereka mengembangkan sikap yang adil dan menghargai perbedaan antara laki-laki dan perempuan," kata Kepala SD Negeri Cabawan 2 Kota Tegal Erwin.

Selain itu, mengapresiasi pendidikan sebab Kartini adalah sosok yang sangat peduli akan pendidikan. Dengan memperingati Hari Kartini, dapat lebih menghargai pentingnya pendidikan dan merasa termotivasi untuk belajar dengan giat. 

BACA JUGA:Satpol PP Kabupaten Pemalang Ajukan Pembelian Mobil Pemadam Kebakaran

Kemudian mengembangkan kreativitas seperti lomba menggambar atau menulis tentang Kartini. Siswa dapat mengembangkan kreativitas mereka. Hal Ini juga dapat menjadi kesempatan bagi mereka untuk belajar lebih banyak tentang sejarah dan budaya Indonesia. Selanjutnya meningkatkan rasa nasionalisme.

Sebab, Kartini adalah bagian dari sejarah Indonesia yang penting dengan memperingatinya, siswa SD Cabawan  2 dapat lebih memahami nilai-nilai. Serta identitas bangsa Indonesia. Yang dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap negara mereka.

BACA JUGA:Bupati Pemalang Mansur Hidayat Ingatkan agar Generasi Muda Harus Jauhi Perilaku Negatif

Mengajarkan nilai-nilai positif karena Kartini dikenal karena nilai-nilai seperti keberanian, keteguhan dan kejujuran. Memperingati Hari Kartini dapat menjadi kesempatan untuk mengajarkan nilai-nilai positif dan mendorong mereka untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Memperingati Hari Kartini dapat membawa berbagai manfaat bagi siswa. Dalam hal pendidikan, pengetahuan sejarah, dan pembentukan karakter," ujar  salah satu guru Sutresno Mulyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: