Satpol PP Kabupaten Pemalang Ajukan Pembelian Mobil Pemadam Kebakaran

Satpol PP Kabupaten Pemalang Ajukan Pembelian Mobil Pemadam Kebakaran

DAMKAR - Unit Damkar Pemalang yang saat ini ada kondisinya kurang sehingga perlu pengadaan armada baru.Foto:M Ridwan/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pemalang. Mengajukan penambahan armada truk pemadam kebakaran (damkar) tahun ini. Dengan alasan kondisinya telah berumur cukup tua dan medan pejalanan menuju lokasi yang ekstrem.

Harapannya ada titik terang alokasi anggaran untuk tiga unit truk damkar. Sehingga petugas lebih gesit dan cepat melaksanakan tugasnya dalam memadamkan api saat terjadi kebakaran.

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Adakan Rakor Terpadu Pesta Rakyat Slawi Ageng

"Kebutuhan damkar sudah sangat mendesak. Bahkan banyak PR yang harus dibenahi, terutama dalam fasilitas yang sangat minim. Sehingga memperlambat tugas mereka,” jelas Kepala Satpol PP Kabupaten Pemalang Ahmad Hidayat.

Hidayat menyampaikan, saat ini sudah sangat butuh. Bahkan sudah beberapa tahun lalu sebelum dirinya ada di Satpol PP. Sudah pengajuan ke Pemkab, tapi belum ada titik terang. 

"Ini untuk pengadaan truk damkar terbaru sehingga armada lebih gagah dan mampu melaksanakan tugas saat dibutuhkan,” terangnya.

BACA JUGA:Disperintransnaker Kabupaten Tegal Edukasi Sinergitas Serikat Pekerja Perusahaan

Hampir seluruh truk damkar saat ini berada di usia cukup tua. Sehingga jika melewati jalur tanjakan ekstrem, terutama di wilayah selatan berjalan sangat lambat. Kejadian tersebut terjadi saat Kebakaran Pasar Belik pada Maret lalu. Damkar terlambat datang didahului oleh armada dari Kabupaten Purbalingga yang memberikan dukungan. Dalam pemadam kebakaran dengan menghanguskan seluruh kios dan los pasar.

Melihat dari kejadian itu, pihaknya dalam waktu dekat akan membangun pos tambahan di Kecamatan Belik. Yang harus didukung dengan penambahan alokasi anggaran untuk pembelian truk damkar baru. Sehingga petugas tidak lagi dikeluhkan oleh masyarakat karena keterlambatannya dalam penanganan kebakaran.

BACA JUGA:Kementan Turunkan Tim Penuntasan Distribusi Pupuk, Pj Gubernur Jawa Tengah Siap untuk Mengawasi

Menurutnya, kebutuhan mendesak saat ini seharusnya bukan hanya tiga unit truk pemadam saja. Tetapi peremajaan semua armada bahkan pembelian truk tangki air suplai pendukung.

"Mudah-mudahan di tahun ini kita bisa di-Acc dan tahun depan ada armada damkar yang baru,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: