Penggalang Ramu SDIT Usamah Kota Tegal Praktik Penjernihan Air

Penggalang Ramu SDIT Usamah Kota Tegal Praktik Penjernihan Air

MENJERNIHKAN - Penggalang Ramu yang terdiri dari kelas V SDIT Usamah sedang menjernihkan air.Foto:Meiwan Dani R/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Penggalang Ramu yang terdiri dari kelas V SDIT Usamah, Kota Tegal melakukan praktik penjernihan air di lapangan sekolah. Kegiatan tersebut berlangsung kurang lebih selama satu setengah jam. Kegiatan diawali dengan penjelasan proses teknik penjernihan air oleh Pembina Pramuka Penggalang SDIT Usamah Heru Sukmaji.

Sebelumnya peserta diminta untuk membawa bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses penjernihan air secara sederhana. Seperti arang, sabut kelapa, spon, ijuk dan batu kerikil. 

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Adakan Rakor Terpadu Pesta Rakyat Slawi Ageng

"Kemudian peserta berusaha menemukan komposisi bahan, sehingga dapat menemukan air jernih," terang Pembina Pramuka Penggalang SDIT Usamah Heru Sukmaji.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan antusias. Sekitar seratus siswa melakukan kegiatan teknik penjernihan air dengan melakukan beberapa eksperimen. Untuk menemukan komposisi paling tepat dalam susunan penjernihan air paling tepat. 

"Harapannya, Penggalang Ramu memahami pentingnya air bagi manusia hingga dibutuhkan. Agar kita mengerti dan memahami teknik khusus untuk menjernihkannya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: