Novel Kutil Siap Diluncurkan Akhir Pekan Ini

Novel Kutil Siap Diluncurkan Akhir Pekan Ini

SIAP DILUNCURKAN - Novel Kutil: Revolusi di Republik Lenggaong siap diluncurkan.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Novel Kutil: Revolusi di Republik Lenggaong karya tandem duo asal Kota Tegal. Yono Daryono dan Ubaidillah siap duluncurkan dan dibedah akhir pekan ini. Peluncuran dan bedah Novel yang diterbitkan Marjin Kiri ini akan diselenggarakan di Pendapa Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Jalan Ki Gede Sebayu, Sabtu (27/4), mulai pukul 09.00 WIB.

Peluncuran dan bedah novel Kutil bakal menghadirkan pembicara kunci penulis buku Peristiwa Tiga Daerah: Revolusi dalam Revolusi Anton Lucas, pemakalah Kurnia Effendi dan Muarif Essage, dengan dimoderatori Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal Suriali Andi Kustomo. Acara dimeriahkan penampilan monolog oleh Eko Tunas.

BACA JUGA:Peringati Hari Kartini, SD Negeri Panggung 4 Kota Tegal Adakan Kirab

Penulis Novel Kutil: Revolusi di Republik Lenggaong Yono Daryono mengatakan, novel Kutil menceritakan tentang revolusi rakyat yang pecah di Brebes, Tegal, dan Pemalang yang digerakkan oleh Kutil, seorang tukang cukur yang juga lenggaong atau jawara lokal. Rakyat bergerak melucuti kekuasaan feodal-kolonial dari para birokrat lama. 

Novel ini juga menautkan kisah Hasan Sukardi, seorang mahasiswa asal Tegal yang terlibat aksi demo menentang Orde Baru. Sukardi merupakan cucu dari tokoh revolusi rakyat yang pecah di tiga daerah tersebut. Baik Kutil dan Sukardi sama-sama melakukan perlawanan terhadap kekuasaan, dalam sejarah yang enggan berpihak pada orang kecil.

BACA JUGA:Mahasiswa dan Alumni Poltek Harber Tegal Masuk Dunia Industri Jepang

Sementara Ubaidillah menambahkan, dirinya dan Yono sebagai penulis merasa terbitnya novel Kutil: Revolusi di Republik Lenggaong ini bagaikan hujan di ujung kemarau yang panjang. Menurut mereka, pecinta prosa, penikmat sastra, pemerhati sejarah dan budaya, para tokoh, dan birokrat desa maupun kota, patut untuk membacanya.

Yakni untuk menikmati dan memetik pergolakan pikiran, jiwa, dan konflik batin sosial yang ditawarkan dalam novel ini. “Bagi perjalanan sejarah sebuah negeri, novel yang diterbitkan Marjin Kiri ini sesuatu banget. Dahsyat! Untuk itu, segera miliki buku ini dan ikuti peluncuran dan bedah novelnya,” ujar Ubaidillah dikutip dari akun media sosial pribadinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: