Realisasi Investasi Kabupaten Tegal Triwulan Tiga 2023 Rp1,54 Triliun

Realisasi Investasi Kabupaten Tegal Triwulan Tiga 2023 Rp1,54 Triliun

GROUND BREAKING - Bupati Tegal Umi Azizah saat melakukan ground breaking pembangunan pabrik sepatu di Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWIRealisasi capaian investasi di Kabupaten Tegal sejak bulan Januari hingga September 2023 mencapai Rp1,54 triliun atau 96,12 persen dari target yang direncanakan Rp1,6 triliun.

Hal itu diungkapkan Bupati Tegal Umi Azizah saat ditemui di Rumah Dinas Bupati Tegal.

Umi menjelaskan laporan nilai investasi tersebut bersumber dari Laporan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sepanjang triwulan tiga.

Adapun rinciannya antara Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) senilai Rp459,4 miliar, Penanaman Modal Asing (PMA) Rp956,48 miliar dan Usaha Mikro Kecil (UMK) Rp122,53 miliar.

BACA JUGA:DPRD Tunggu Keputusan Mendagri Soal Masa Jabatan Wali Kota

Menurutnya, peluang investasi di Kabupaten Tegal terutama di sektor industri manufaktur masih sangat terbuka.

Hal ini didukung oleh ketersediaan lahan industri yang masih sangat luas, terutama di kawasan peruntukan industri di wilayah Pantura yang mencakup Kecamatan Kramat, Suradadi, dan Warureja maupun di wilayah selatan seperti Kecamatan Lebaksiu dan Margasari.

"Ketersediaan lahan industri ini menjadikan Kabupaten Tegal sangat prospektif sebagai daerah tujuan investasi," ujar Bupati Umi.

BACA JUGA:Komisi III DPRD Kota Tegal akan Kembali Turun Periksa Proyek MPP

Umi melanjutkan, selain kondusifitas wilayahnya yang terjamin, komposisi penduduk usia produktif di Kabupaten Tegal yang mencapai 69,7 persen menjadi potensi dasar ketersediaan sumber daya manusia dan tenaga kerja dengan Upah Minimal Kabupaten (UMK) yang bersaing di kisaran Rp2 juta per bulan dengan rata-rata kenaikannya 4,8 persen per tahun.

Sedangkan ketersediaan infrastruktur jaringan energi, air bersih dan jalan menjadi faktor penunjang penting yang sudah disiapkan sebelumnya.

BACA JUGA:Polres Tegal Dirikan Pos Pengamanan dan Pelayanan Natal dan Tahun Baru

"Termasuk konektivitasnya dengan jaringan jalan tol Pejagan-Pemalang," sambungnya.

Sementara bagi pelaku usaha industri berbasis logam, kata Umi, Pemkab Tegal juga telah menyediakan lingkungan industri kecil (LIK) Takaru di  Pantura, tepatnya di Kelurahan Dampyak, Kecamatan Kramat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: