5 Dampak Bahayanya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

5 Dampak Bahayanya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Pelaku penyalahgunaan narkoba--Go.Riau.com

DISWAY JATENG.ID - Bagi Kalangan Pelajar dan pemuda era Zaman sekarang harus bisa memilah dan memilih jika ingin berteman, sebab salahnya pergaulan dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku kehidupan pemuda tersebut akibat dari penyalahgunaan narkoba.

Apalagi bila bersinggungan dengan narkoba. Efek dari narkoba tidak hanya cuma bikin kecanduan. Namun, ada berbagai penyalahgunaan narkoba, seperti halnya penurunan kesadaran dan halusinasi. Bahkan kematian dapat terjadi akibat penyalahgunaan narkoba.

Bagi sebagian besar orang pasti sudah mengetahui soal bahayanya penyalahgunaan narkoba. Walau begitu, tetap saja ada dari segelintir orang yang meremehkan tentang bahayanya narkoba dan tetap ingin mencobanya. 

Padahal penyalahgunaan narkoba, sekali saja sudah terjerumus pasti akan sulit untuk bisa terlepas dari efek narkoba. Karena, efek narkoba tidaklah main-main. Bukan hanya menyasar fisik, obat-obatan terlarang ini nyatanya juga dapat memengaruhi mental pemakainya. 

BACA JUGA:Inilah 6 Tips Mengatasi Vertigo yang Efektif Tanpa Obat

Supaya Anda lebih waspada, ketahuilah masalah kesehatan fisik dan mental akibat narkoba berikut ini. Bahaya Penyalahgunaan Narkoba untuk kesehatan Fisik dan Mental

5 Dampak Bahayanya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Berikut ini efek penyalahgunaan narkoba yang dapat menyasar fisik dan mental:

1. Menurunkan kesadaran sampai hilang ingatan

Efek penyalahgunaan narkoba yang paling kentara yaitu penurunan kesadaran. Bahkan, menurunnya kesadaran dapat berujung pada hilang ingatan. 

Soalnya, efek narkoba bersifat sedatif. Artinya, obat-obatan terlarang ini bisa menimbulkan gejala seperti kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, penurunan kesadaran dan gangguan koordinasi tubuh. Kamu dapat membaca artikel berikut untuk memahaminya lebih lanjut.

BACA JUGA:Inilah 4 Kategori Kadar Gula Darah yang Normal Berdasarkan Usia

BACA JUGA:6 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kadar Gula Darah Tetap Normal  

2. Dehidrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dppkbpppa.pontianak.go.id