Inilah 4 Kategori Kadar Gula Darah yang Normal Berdasarkan Usia

Inilah 4 Kategori Kadar Gula Darah yang Normal Berdasarkan Usia

Kadar Gula darah normal berdasar usia--by.Kesehatan kontan

DISWAY JATENG.ID – Kadar gula darah normal dalam tubuh tidak boleh berlebihan. Karena, ada banyak gangguan yang dapat terjadi bila masalah ini terjadi secara konstan, yang salah satunya diabetes. Ini penting untuk bisa mengetahui kadar gula darah normal berdasarkan usia. 

Dengan begitu, Anda lebih paham angka ideal normal gula darah yaitu untuk diri sendiri. Berikut ini penjelasan lengkapnya, ayo kita simak!

Kadar Gula Darah Normal Berdasarkan Usia

Kadar glukosa darah merupakan jumlah glukosa yang seseorang miliki dalam aliran darahnya pada waktu tertentu. Seseorang yang mempunyai kadar gula darah tinggi atau rendah dapat mengindikasikan terjadinya masalah kesehatan, dan mungkin membutuhkan perawatan medis. 

Maka itulah sebabnya mengapa perlu tahu kadar gula darah normal serta batas gula darah maksimal menurut usia. Bila terjadi peningkatan atau penurunan, tindakan yang tepat dapat segera Anda lakukan. Kadar glukosa darah yang normal bisa kamu ukur saat berpuasa, makan, atau setelah makan. 

BACA JUGA: 7 Kebiasan Pagi ini Dapat Seimbangkan Kadar Gula Darah, Mau Coba?

Untuk kadar glukosa darah normal pada orang dewasa sehat yang tidak makan kurang lebih 8 jam yaitu kurang dari 100 mg/dL. Kemudian, kadar glukosa darah normal pada objek yang sama dua jam setelah makan adalah 90 hingga 100 mg/dL.

Inilah 4 Kategori Kadar Gula Darah yang Normal Berdasarkan Usia

Lalu, berapakah kadar gula darah normal menurut usia? Berikut ini daftarnya:

1. Anak di bawah 6 tahun

Anak-anak di bawah usia 6 tahun harus mempunyai kadar glukosa darah di kisaran 80-200 mg/dL setiap hari. Angka tersebut terbilang sehat dan jumlah glukosanya dapat berfluktuasi saat bangun tidur, makan, hingga sebelum tidur. 

Untuk lebih jelasnya, berikut rentang gula darah untuk anak di bawah 6 tahun:

Setelah puasa: >80 – 180 mg/dL.

Sebelum makan: 100 – 180 mg/dL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.hallodoc.com