5 Dampak Bahayanya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

5 Dampak Bahayanya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Pelaku penyalahgunaan narkoba--Go.Riau.com

Bahayanya penyalahgunaan narkoba selanjutnya yaitu dehidrasi akibat ketidakseimbangan elektrolit. Walhasil, pemakainya dapat mengalami serangan panik, sakit pada dada, halusinasi, bahkan kejang akibat narkoba. Bila dibiarkan, efek narkoba tersebut bisa berujung pada kerusakan pada otak.

3. Merusak otak secara permanen

Kalau bahaya penyalahgunaan narkoba, narkoba yang satu ini dapat timbul saat seseorang memakainya dalam jangka panjang. Pemakaian dalam dosis yang tinggi juga dapat memicu efek narkoba yang satu ini. 

Narkoba ini memaksa otak untuk bekerja lebih cepat dan menekan saraf pusat untuk menimbulkan efek ketenangan. Perubahan sel otak ini akan mengganggu komunikasi antar sel saraf. Dan berakibat kerusakan otak permanen akibat dari narkoba pun tidak terhindari. 

Meskipun pemakainya telah berhenti mengonsumsi obat terlarang ini, proses penyembuhannya pun memakan waktu yang cukup lama. Malahan, efek kecanduan narkoba ini dapat berlangsung seumur hidup.

BACA JUGA:5 Khasiat Jahe Merah yang Baik bagi Tubuh, Nomor 2 Sangat Bagus bagi Penderita Pencernaan 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Kesehatan Buah Kundur yang Jarang diketahui

4. Mengganggu kualitas hidup

Efek narkoba yang pasti terjadi yaitu terganggunya kualitas hidup. Ini tentu mampu menurunkan kualitas hidup pemakainya. Karena, rasa candu akibat narkoba akan terus memicu pemakainya untuk menambah dosis. 

Dan bila tidak terpenuhi, pecandu narkoba dapat nekat sampai rela mencuri demi memuaskan hasratnya. Perilaku ini jelas melanggar hukum yang bisa berujung pada sanksi seperti dipenjara.

BACA JUGA:Anda Harus Tahu, 5 Manfaat Jahe Merah yang Sangat Penting untuk Kesehatan Tubuh

5. Kematian

Bahaya dari penyalahgunaan narkoba yang paling parah adalah kematian. Hal semacam ini dapat terjadi apabila pemakainya mengonsumsi dalam kadar berlebihan. Dosis yang sangat tinggi ini tidak mampu ditoleransi tubuh sehingga berujung pada overdosis. Gejala ari overdosis akibat penyalahgunaan narkoba ditandai dengan kejang-kejang, mulut berbusa, dan bola mata yang mengarah ke atas.

Itulah 5 dampak dari penyalahgunaan bahayanya narkoba, semoga artikel ini dapat menjadi referensi pengetahuan dan bisa bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dppkbpppa.pontianak.go.id