Kulitmu Kering? Inilah 8 Kandungan Skincare yang Mampu Melembapkan Kulit

Sabtu 08-07-2023,11:30 WIB
Reporter : Ilham Maulana
Editor : Ilham Maulana

DISWAYJATENG.ID - Kulitmu Kering? Inilah 8 Kandungan Skincare yang Mampu Melembapkan Kulit. Memiliki kulit yang sehat dan bercahaya merupakan dambaan bagi hampir setiap orang.

Hal ini dapat dilakukan dengan memastikan kulit terhidrasi dengan baik melalui penggunaan produk perawatan kulit atau skincare yang tepat. Hati-hati, salah dalam memilih produk atau bahan skincare dapat membuat kulit menjadi rusak.

Apalagi jika kamu memiliki kulit kering yang cenderung sensitif dan mudah iritasi. Karena itu, agar tidak salah pilih, ketahuilah beberapa bahan skincare untuk kulit kering yang dapat dicoba. Penasaran apa saja?

Berikut 8 Kandungan Skincare yang Mampu Melembapkan Kulit : 

1. Glycerin

Kandungan skincare untuk kulit kering selanjutnya adalah glycerin atau gliserin. Gliserin sendiri merupakan senyawa humektan, sehingga senyawa ini akan menarik air ke dirinya sendiri. Menempatkan skincare berbahan gliserin di kulit tentunya dapat membantu menarik air ke kulit.

Meskipun bahan humektan lainnya mungkin lebih lazim belakangan ini, gliserin masih merupakan salah satu bahan penghidrasi paling umum yang ditemukan pada label bahan skincare. Karena itu, tidak ada salahnya menggunakan skincare yang mengandung gliserin.

2. Glycolic Acid

Kandungan skincare untuk kulit kering yang kedua adalah asam glikolat atau glycolic acid. Perlu diketahui bahwa senyawa ini tidak hanya membantu membersihkan pori-pori dan menghaluskan kerutan halus.

Namun, asam glikolat juga dapat membantu melembabkan kulit. Menariknya lagi, krim dan losion dengan bahan ini sering digunakan untuk membantu mengatasi eksim.

Sementara itu, pembersih yang menggunakan bahan ini dapat membantu menghilangkan komedo.

3. Aloe Vera

Gel lidah buaya atau aloe vera memang mudah menyerap, membuatnya ideal digunakan untuk kulit berminyak. Namun, aloe vera juga diketahui dapat membantu merawat kulit yang kering.

Karena itu, pertimbangkan untuk mengganti pelembap biasa dengan pelembap berbahan lidah buaya setelah mandi. Hal ini bertujuan untuk membantu menyegel dan menjaga kelembapan pada kulit.

4. Squalane

Minyak squalane memiliki tekstur yang ringan dan mudah terserap ke dalam kulit. Dapat ditemukan secara alami di dalam tubuh kita, squalane cenderung bisa menembus jauh ke dalam kulit tanpa memerlukan banyak usaha.

Squalane mampu bertindak sebagai pelembab yang sangat baik, melembutkan kulit, menghidrasi, membuat kulit menjadi montok, dan mengurangi tingkat penuaan dini.

BACA JUGA:Mau Kulit Putih Cerah? Pilih Skincare yang Mengandung Bahan Ini

5. Lactic Acid

Asam laktat atau lactic acid merupakan senyawa yang diproduksi tubuh secara alami pada sel otot dan sel darah merah. Selayaknya asam glikolat, skincare dengan bahan ini diketahui dapat membantu eksfoliasi atau pengelupasan sementara. Sementara penggunaan lainnya dapat bermanfaat untuk membantu melembapkan kulit.

6. Ceramide

Ceramide terkenal dengan kemampuannya dalam hal mencegah hilangnya kelembaban, mengurangi kekeringan, dan meningkatkan kekenyalan kulit.

Saat digunakan, bahan ini akan membentuk lapisan pelindung terhadap stres lingkungan yang bisa merusak kulit.Tak sampai di situ, ceramide juga mampu mempertahankan hidrasi dan kelembaban pada kulit serta membantu mencerahkan kulit yang kusam.

7. Hyaluronic Acid

Kandungan skincare melembapkan yang paling populer beberapa waktu belakangan ini adalah hyaluronic acid, yang diketahui bisa menahan air hingga 1.000 kali beratnya sendiri.

Hyaluronic acid dapat ditemui di hampir seluruh produk skincare dan cocok untuk berbagai jenis kulit yang membutuhkan hidrasi.

Karena hyaluronic acid memang bisa ditemui dalam tubuh manusia, ia biasanya jarang menyebabkan iritasi, sehingga pemilik kulit sensitif pun tak perlu ragu untuk mencobanya.

8. Petrolatum

Dikenal juga sebagai petroleum jelly, kandungan yang sempat populer ini berfungsi sebagai occlusive barrier di produk skincare untuk mengurangi jumlah air yang hilang dari kulit.

Akan tetapi, kandungan seperti ini sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit berminyak karena bisa menyumbat pori-pori.(*)

Kategori :