Mau Kulit Putih Cerah? Pilih Skincare yang Mengandung Bahan Ini

Mau Kulit Putih Cerah? Pilih Skincare yang Mengandung Bahan Ini

Ilustrasi kandungan skincare untuk bantu mencerahkan kulit--

DISWAYJATENG.ID - Hiperpigmentasi dan kusam merupakan permasalahan kulit yang kerap dialami banyak orang. Selain rajin menggunakan sunscreen, pemakaian produk pencerah seperti serum pencerah wajah merupakan langkah untuk membantu memperbaiki kondisi kulit tersebut.

Niacinamide, vitamin C, dan alpha arbutin merupakan bahan pencerah yang paling umum dijadikan kandungan dalam produk untuk mencerahkan. Namun, selain ketiga kandungan tersebut, ada beberapa bahan aktif lainnya yang kini juga mulai banyak digunakan sebagai main ingredients dari serum pencerah wajah. Apa saja?

Berikut Kandungan Skincare yang dapat mencerahkan kulit :

1. Vitamin C

Bahan aktif skincare pertama untuk mencerahkan kulit adalah vitamin C. Bahan aktif ini dikenal dengan kemampuannya bisa mengatasi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit.

Sebagai antioksidan, Vitamin C juga membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit dan mengurangi peradangan. Manfaat Vitamin C lainnya adalah mendorong produksi kolagen sehingga kulit menjadi kencang dan kerutan tersamarkan.

2. Niacinamide

Bahan aktif skincare selanjutnya adalaah Niacinamide (Vitamin B3). Bahan aktif ini banyak digunakan di produk pencerah kulit wajah, termasuk serum dan yang bikin glowing, karena dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi dan membuat wajah cerah merata.

Niacinamide juga ampuh dalam merawat kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat karena dapat mengontrol produksi minyak di kelenjar sebasea.

3. Alpha Arbutin

Kandungan pencerah kulit ini bekerja mengatasi berbagai masalah kulit akibat hiperpigmentasi, yakni munculnya bercak-bercak berwarna lebih gelap dibanding warna kulit secara keseluruhan. Kandungan alpha arbutin alami bersumber dari berbagai tanaman dan buah-buahan, antara lain tanaman bearberry , blueberry , cranberry , kulit pir, serta gandum.

Alpha arbutin tergolong aman dan bekerja dengan lembut untuk kulit sensitif, sehingga skincare yang mengandung alpha arbutin dapat digunakan sehari dua kali, untuk pagi dan malam hari.

4. Retinol

Kandungan aktif yang dapat mencerahkan wajah salah satunya adalah retinol. Kandungan ini bekerja untuk meningkatkan pergantian sel di lapisan kulit teratas dan memicu regenerasi di lapisan dasar kulit wajah.

Alhasil, setiap lapisan kulit diperbarui dan kulit akan tampak lebih cerah dan bersih. Bahkan, retinol mampu memudarkan bekas luka atau jerawat, lho.

Penggunaan retinol ada baiknya diaplikasikan pada malam hari. Ini dilakukan untuk menghindari mengkombinasikan retinol dengan produk lainnya yang mengandung AHA, BHA, dan vitamin C.

BACA JUGA:Cantik Gak Harus Putih! Inilah Deretan Idol Kpop dengan Kulit Eksotis yang Manis

5. Glycolic Acid dan Salicylic Acid

Salah satu bahan aktif pencerah yang biasanya kamu temukan adalah Glycolic acid (AHA) dan Salicylic Acid (BHA). Kedua bahan aktif ini bekerja sebagai peeling yang membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel baru.

Ketika sel kulit mati terangkat, maka kulit terlihat lebih cerah dan halus. Jika ingin menggunakan AHA atau BHA, sebaiknya jangan diampur dengan retinol, karena beresiko kulit menjadi mudah iritasi dan kemerahan.

6. Kojic Acid

Bahan aktif yang pertama kali diperkenalkan oleh Jepang ini sudah menjadi rahasia kulit cerah perempuan Asia. Kojic Acid terbuat dari kristal kecil yang dapat ditemukan pada jamur tertentu.

Kandungan aktif ini bekerja dengan cara mencegah pembentukan tirosin, yaitu asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi pigmen melanin. Sehingga, efektif mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam. Karena terbuat dari bahan alami, Kojic Acid aman digunakan untuk semua jenis kulit.

7. Glutathione

Kaya akan antioksidan, glutathione menjadi salah satu kandungan aktif yang dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit. Glutathione bekerja dengan menghambat produksi melamin dan mengubah produksi melanin.

Sehingga, kulit terlihat lebih cerah. Tak hanya itu, glutathione juga mampu melembapkan, sehingga cocok digunakan untuk kulit yang cenderung kering.

8. HyaluComplex-10

HyaluComplex-10 adalah 10 jenis molekul Hyaluronic rendah hingga menengah yang dapat menyerap ke dalam semua lapisan kulit. Oleh karenanya, ia mampu memberikan penjagaan kelembapan ekstra pada kulit.

Kandungan ini akan bertugas untuk menghidrasi dan melembapkan kulit sehingga kulit tampak lebih cerah. Skincare dengan kandungan hyalucomplex-10 dapat diaplikasikan dengan aman ke semua jenis kulit.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber