Intip Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y18, Performa Canggih

Intip Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y18, Performa Canggih

Intip Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y18, Performa Canggih-Tangkapan layar diswayjateng.id-

MediaTek Helio G85 kembali jadi langganan vivo dengan mengotaki vivo Y18. Vivo sudah akrab dengan SoC satu ini. 

Umur Helio G85 memang tak muda lagi. SoC 12 nm ini rilis sejak 2020. Akan tetapi, Helio G85 merupakan pilihan yang masuk akal untuk HP kelas entri, mengingat harganya yang murah untuk tahun 2024.

Performanya pun masih lumayan. Setidaknya ia punya dua core performa Cortex A75 (2 GHz) yang berguna ketika HP memerlukan akselerasi dalam menangani beban kerja serius. Enam core lain yang mengisi CPU di Helio G85 adalah core efisiensi Cortex A55 (1,8 GHz).

Kemampuan Helio G85 di HP ini pun bisa maksimal lantaran diduetkan dengan RAM 8 GB (unit global) yang besar. Multi-tasking belasan aplikasi akan tetap lancar.

Vivo turut memberi opsi peningkatan RAM hingga 16 GB lewat fitur Extended RAM. Menurut klaim Vivo, fitur ini membuat ponsel mampu membuka lebih dari 25 aplikasi secara bersamaan. Namun, siapa sih yang akan buka aplikasi sebanyak itu?

Intinya, Helio G85 yang didukung RAM besar mampu hasilkan performa yang mumpuni untuk penggunaan sehari-hari. Helio G85 pun masih mampu menjalankan sejumlah gim populer.

Contohnya seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, COD Mobile, dan Asphalt. Kanal YouTube Techbuzz, yang berbasis di India, memperlihatkan bahwa skor AnTuTu 10 vivo Y18 ada di angka 263.843.

Hanya saja, unit yang diuji adalah vivo Y18 rilisan India dengan RAM 4 GB. Unit global dengan RAM lebih besar bakal punya skor yang lebih tinggi, tetapi masih di kisaran 200 ribu.

5. Ada Sensor Cahaya dan Kompas

Sensor-sensor yang dimiliki Vivo Y18 cukup lengkap, kecuali giroskop. vivo menyematkan sensor akselerometer, proksimitas, cahaya, kompas, dan tidak ketinggalan pemindai sidik jari yang menyatu di tombol power.

Sensor cahaya dan kompas adalah sensor yang menurut saya wajib ada di semua HP Android. Pasalnya, kalau tidak ada sensor cahaya, fitur autobrightness tak mampu bekerja.

Kalaupun ada yang memakai sensor cahaya virtual (dengan bantuan kamera depan), kinerjanya tentu tak akan segesit sensor cahaya fisik. Sementara itu, sensor kompas punya fungsi sesuai namanya, yakni sebagai penunjuk arah mata angin.

Sensor ini akan berguna seperti ketika Anda mencari arah kiblat, atau sesimpel mencari tahu sedang menghadap ke mana kala membuka Google Maps.

6. Punya NFC dan Radio FM

Vivo Y18 versi Indonesia memang spesial. Ia punya NFC yang tak dimiliki vivo Y18 versi negara lain. Maklum, adopsi teknologi NFC di Indonesia sudah cukup luas. Yang paling umum adalah membayar biaya masuk jalan tol dan membayar biaya naik kereta listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: