Kenapa Pengajuan Selalu Ditolak? Ternyata Ini 5 Penyebab Pengajuan Pinjol Ditolak

Kenapa Pengajuan Selalu Ditolak? Ternyata Ini 5 Penyebab Pengajuan Pinjol Ditolak

penyebab pengajuan pinjol ditolak --foto duwitku

Tidak hanya itu, pastikan pula nomor kontak yang diberikan aktif dan bisa dihubungi karena pihak pinjol sering kali melakukan verifikasi melalui panggilan telepon pada nomor tersebut.

BACA JUGA:Tips Pinjol Tidak Ditolak yang Wajib Anda Ketahui!

3. Ketahui Kondisi Keuangan dan Kemampuan Bayar

Setiap orang tentu memiliki kondisi keuangan yang berbeda-beda yang perlu disesuaikan dengan nominal pinjaman yang nantinya akan diajukan.

Idealnya, beban cicilan yang boleh dimiliki oleh seseorang yaitu 30% dari penghasilan per bulannya. Lebih dari rasio tersebut, risiko mengalami galbay atau kredit macet rentan terjadi.

Jika hal tersebut diketahui oleh pihak pemberi pinjaman, peluang pengajuan pinjaman dikabulkan sudah pasti sangat kecil. Karena itu, sebelum mengajukan pinjol, ketahui dulu kondisi keuangan dan kemampuan bayar agar mengetahui berapa besar nominal cicilan yang sanggup dilunasi setiap bulan.

4. Ajukan Pinjaman Online Sesuai Limit yang Diberikan

Penyebab pengajuan pinjol ditolak berikutnya yaitu jika seluruh persyaratan dan data pribadi telah terpenuhi secara lengkap dan akurat tapi pengajuan tetap ditolak, mungkin penyebabnya kalian mengajukan pinjaman melebihi limit yang telah diberikan.

Pemberian limit atau batas pinjaman ini bisa berbeda-beda antara nasabah karena didasarkan pada kondisi keuangannya. Apabila nekat mengajukan pinjaman melebihi limit, pihak pinjol meragukan kondisi keuangan kalian mampu mengatasi besarnya beban cicilan yang nanti harus ditanggung.

BACA JUGA:Ini Penyebab Pengajuan Pinjol Selalu Ditolak Beserta Solusinya

Pasalnya, dalam kondisi tersebut, risiko terjadi kredit macet atau gagal bayar akan menjadi jauh lebih tinggi. Karenanya, jika calon nasabah mengajukan pinjol melebihi plafon yang telah diberikan, hampir dapat dipastikan permohonannya akan berakhir dengan penolakan.

5. Berikan Akses pada Aplikasi Pinjol

Ketika baru pertama kali menggunakan aplikasi pinjaman online, kalian akan diminta memberi izin akses terhadap beberapa fitur smartphone.

Jika menganut pada aturan dari OJK, fitur smartphone yang boleh diakses oleh aplikasi pinjol yang resmi hanyalah microphone, kamera, dan lokasi.

Itulah beberapa informasi seputar penyebab pengajuan pinjol ditolak yang perlu kalian ketahui dan perhatikan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: