Kenapa Pengajuan Selalu Ditolak? Ternyata Ini 5 Penyebab Pengajuan Pinjol Ditolak

Kenapa Pengajuan Selalu Ditolak? Ternyata Ini 5 Penyebab Pengajuan Pinjol Ditolak

penyebab pengajuan pinjol ditolak --foto duwitku

DISWAY JATENG - Platform pinjol saat ini bisa kalian temukan dengan mudah di google playstore ponsel kalian. Jika ingin mengajukan pinjaman online perlu kalian ketahui penyebab pengajuan pinjol ditolak agar pengajuan mudah di Acc. 

Mengajukan pinjol memang terbilang mudah karena bisa dari rumah dan hanya menggunakan ponsel. Meski begitu, tidak serta merta semua aplikasi pinjol bakal lolos. Karena itu, perlu tahu penyebab pengajuan pinjol ditolak. 

Supaya pengajuan bisa langsung disetujui kalian wajib mengetahui penyebab pengajuan pinjol ditolak terlebih dahulu, hal ini untuk mengantisipasi proses pengajuan kalian terhambat. 

Terdapat beberapa penyebab pengajuan pinjol ditolak yang wajib kalian ketahui sebelum melakukan pengajuan pinjaman dana di suatu platform. Yuk simak ulasanya berikut ini. 

BACA JUGA:Ketahui Cara Lolos Pinjol Agar Disetujui, Berikut Penyebabnya Pinjaman Selalu Ditolak

 

1. Cek Riwayat Kredit dan Adakah Pinjaman yang Macet

Catatan riwayat pinjaman atau skor kredit yang dimiliki oleh seseorang umumnya akan terdata secara nasional pada Bank Indonesia melalui sistem yang disebut dengan SLIK OJK.

Pada sistem tersebut, pihak pinjol mampu mengetahui apakah seseorang pernah mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan lain, baik konvensional maupun berbasis digital. Selain itu, jika ada tanggungan cicilan yang macet atau tertunggak, data tersebut juga bisa dilihat melalui SLIK OJK.

Apabila kalian memiliki riwayat kredit yang buruk akibat kredit macet, sudah pasti pihak pinjol akan mengetahuinya, jika benar demikian, maka pengajuan pinjaman yang dilakukan tidak akan disetujui karena risiko yang sama bisa saja terjadi kembali.

2. Pastikan Seluruh Persyaratan dan Data Pribadi yang Diminta Terpenuhi

Karena tidak harus melalui proses wawancara dan survei selayaknya pinjaman konvensional, penyedia pinjol hanya bisa menyeleksi calon nasabahnya melalui kelengkapan syarat dan data pribadi yang dilampirkan.

Karena itu, melansir dari GridHot.ID, jika ada satu saja syarat atau informasi pribadi yang tidak dipenuhi maupun terlihat mencurigakan, pihak pinjol tidak akan mengambil risiko dan memutuskan untuk melakukan penolakan.

Beberapa hal yang perlu dicermati saat melampirkan data diri adalah kesesuaiannya dengan KTP atau KK, foto selfie dengan membawa KTP terlihat jelas, dan kecocokan nama di KTP dengan rekening tujuan pengiriman dana pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: