Jangan Panik, Begini 6 Cara Mengatasi Ancaman dari DC Pinjol Ilegal Via WhatsApp

Jangan Panik, Begini 6 Cara Mengatasi Ancaman dari DC Pinjol Ilegal Via WhatsApp

cara mengatasi ancaman dari dc pinjol ilegal lewat wa--foto gridfame

Pastikan kalian mengonfirmasi identitas pengirim pesan tersebut. Tanyakan nama lengkap dan perusahaan yang mereka wakili.

Debt Collector ilegal sering menggunakan ancaman palsu. Jadi, memeriksa identitas mereka merupakan langkah yang penting.

4. Jangan Panik

Cara mengatasi ancaman dari Debt Collector pinjol ilegal lewat WhatsApp yaitu jangan panik dan tetap tenang, sebab seringkali dirancang untuk menciptakan ketakutan dan kepanikan si target.  

Hindari meresponsnya dengan emosi atau terburu-buru. Dengan begitu, maka kalian bisa berpikir dengan lebih jernih dalam menangani situasi tersebut.

5. Minta Bukti Utang

Jika kalian percaya bahwa tidak memiliki utang atau jumlahnya tidak sesuai dengan yang diklaim oleh Debt Collector (DC), mintalah bukti tertulisnya. Mereka harus bisa memberikan dokumen yang memverifikasi utang kalian.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Tips Menghadapi Ancaman DC Pinjol, Dijamin Akan Bikin Kapok

6. Blokir dan Laporkan

Jika kalian terus-menerus menerima pesan yang mengancam dan mengganggu, kalian bisa memutuskan untuk memblokir nomor pengirim.

Selain itu, kalian juga bisa melaporkan kasus tersebut kepada otoritas yang berwenang seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Kemenkominfo, serta kepolisian.

Demikian beberapa informasi mengenai cara mengatasi ancaman dari DC pinjol ilegal lewat WhatsApp yang bisa kalian coba dan lakukan agar tidak terus menerus mengganggu kalian. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: