Jangan Panik, Begini 6 Cara Mengatasi Ancaman dari DC Pinjol Ilegal Via WhatsApp

Jangan Panik, Begini 6 Cara Mengatasi Ancaman dari DC Pinjol Ilegal Via WhatsApp

cara mengatasi ancaman dari dc pinjol ilegal lewat wa--foto gridfame

DISWAY JATENG - Setiap perusahaan penyedia pinjol alias pinjaman online memiliki tugas menagih utang atau Debt Collector (DC). Namun, cara mengatasi ancaman dari DC pinjol ilegal lewat WhatsApp bisa menjadi solusi yang tepat. 

Pengguna pinjol alias pinjaman online kini marak digunakan bagi kalangan masyarakat Indonesia. Maka dari itu, jangan sampai terjerat ke pinjol ilegal sebab akan merugikan kalian nantinya. Karena itu, ketahui cara mengatasi ancaman dari DC pinjol ilegal lewat WhatsApp/WA. 

WhatsApp (WA) merupakan salah satu platform komunikasi paling populer di Indonesia. Sayangnya, beberapa Debt Collector (DC) pinjaman online ilegal juga memanfaatkannya untuk mengintimidasi dan mengancam para peminjam. Untuk itu, perlu kalian tahu cara mengatasi ancaman dari DC pinjol ilegal lewat WhatsApp yang bisa kalian coba. 

Tindakan semacam ini tidak hanya melanggar peraturan, akan tetapi juga bisa memberikan dampak negatif pada kesejahteraan mental dan emosional si penerima pesan. Maka salah satu solusinya yaitu ketahui cara mengatasi ancaman dari DC pinjol ilegal lewat WhatsApp dibawah ini. Yuk simak selengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:3 Pinjol Tanpa KTP Terbaru 2024 yang Aman dari Teror dan Ancaman DC Lapangan

 

1. Konsultasi dengan Pengacara

Jika kalian merasa kesulitan dalam menangani Debt Collector pinjol ilegal tersebut, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang pengacara atau penasihat hukum.

Mereka bisa memberikan panduan hukum yang tepat untuk melindungi hak-hak kalian. Penting untuk kalian ingat bahwa Debt Collector yang mengancam dan mengintimidasi peminjam merupakan tindakan yang melanggar peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Kalian memiliki hak untuk dilindungi dari perlakuan semacam itu. Dengan mengambil langkah-langkah tersebut maka kalian bisa mengatasi ancaman dari DC pinjol ilegal lewat WhatsApp serta menjaga kesehatan mental kalian.

2. Simpan Bukti Pesan 

Selalu simpan salinan pesan yang diterima dari Debt Collector ilegal. Yang termasuk teks, tangkapan layar, atau rekaman suara. Bukti seperti ini bisa berguna jika kalian perlu melaporkan ancaman tersebut ke pihak berwenang.

BACA JUGA:10 Cara Menghadapi Ancaman DC Pinjol dengan Tepat

3. Verifikasi Identitas Pengirim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: