Apa saja Manfaat Puasa untuk Anak Remaja Terutama Bagi Psikologisnya? Simak Ini 7 Penjelasannya

Apa saja Manfaat Puasa untuk Anak Remaja Terutama Bagi Psikologisnya? Simak Ini 7 Penjelasannya

Manfaat puasa untuk kesehatan remaja-Ners Unair-

DISWAYJATENG - Manfaat puasa untuk anak remaja bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga memiliki faktor spiritual. 

Semua orang setuju bahwa tubuh membutuhkan makanan, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan bergizi saja tidak cukup untuk tubuh. Ada banyak sekali manfaat puasa untuk anak remaja.

Namun, para orang tua tidak boleh salah kaprah. Artinya, makanan yang paling bergizi sekalipun dapat merusak kesehatan jika tubuh tidak dapat mencernanya. Itulah kenapa manfaat puasa untuk anak remaja sangatlah penting.

Berbicara mengenai puasa, kita akan membahas manfaat puasa untuk anak remaja. kali ini dalam konteks kesehatan psikologis. Lantas bagaimana pengaruh puasa terhadap perkembangan psikologis anak remaja? Simak rangkumannya berikut ini.

BACA JUGA:Manfaat Puasa untuk Diet, Jangan Lupa Lakukan 5 Metode ini untuk Hasil yang Maksimal

Puasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus. Sebenarnya, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh anak-anak dari praktik berpuasa. 

Di samping manfaat fisiknya, seperti menjaga berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berpuasa juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental anak-anak. Mari kita bahas lebih lanjut.

BACA JUGA:Kenalkan dari Dini Manfaat Puasa untuk Anak-anak, Berikut 4 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

1. Menstabilkan Emosi

Anak yang diajarkan untuk berpuasa sejak dini cenderung memiliki stabilitas emosi yang lebih baik. Ketika tubuh mereka terbiasa menahan lapar dan haus, hal ini juga memengaruhi keseimbangan emosi. Mereka belajar untuk mengendalikan diri dan menjaga emosi mereka dalam situasi apapun.

Dengan demikian, berpuasa dapat menjadi latihan penting dalam mengembangkan kontrol diri pada anak-anak.

2. Kesehatan Mental yang Meningkat

Pilihan makanan dan pola makan yang sehat selama bulan puasa juga berdampak pada kesehatan mental anak. Saat tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik, pikiran pun menjadi lebih jernih dan tenang.

Anak remaja akan merasa lebih baik secara keseluruhan dan lebih mampu menghadapi tantangan sehari-hari dengan semangat yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: