Manfaat Puasa untuk Diet, Jangan Lupa Lakukan 5 Metode ini untuk Hasil yang Maksimal

Manfaat Puasa untuk Diet, Jangan Lupa Lakukan 5 Metode ini untuk Hasil yang Maksimal

Manfaat puasa untuk diet -Alomedika-

DISWAYJATENG - Manfaat puasa untuk adalah diet yang didasarkan pada puasa dan siklus makan yang diatur. Diet puasa berfokus pada waktu makan, bukan pada jenis makanannya.

Di Indonesia, puasa sangat erat kaitannya dengan ritual keagamaan. Namun, manfaat puasa untuk juga sudah dikenal sebagai salah satu jenis diet yang direkomendasikan dalam dunia kesehatan. Manfaat puasa untuk diet (intermittent fasting) memiliki banyak manfaat termasuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja manfaat puasa untuk diet? Dan bagaimana metode yang benar saat melakukan puasa untuk diet? Berikut ini kita sudah merangkumnya dengan lengkap, simak penjelasannya di bawah ini.

Panduan Manfaat Puasa untuk diet

Diet puasa merupakan pendekatan yang populer untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Ini melibatkan periode di mana seseorang membatasi asupan kalori atau tidak makan sama sekali selama periode waktu tertentu. Mari kita bahas lebih detail beberapa metode diet puasa yang umum digunakan:

BACA JUGA:Berikut 5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Pencernaan. Salah satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

1. Metode Diet 5:2

Metode ini melibatkan pemilihan 5 hari dalam seminggu untuk makan seperti biasa dan 2 hari sisanya untuk mengonsumsi hanya 500–600 kalori. 

Misalnya, kamu bisa memilih untuk berpuasa pada hari Senin dan Kamis, sedangkan pada hari lainnya, kamu bisa makan dengan normal. Penting untuk memastikan bahwa kamu tetap memperhatikan porsi makan dan mengonsumsi makanan sehat pada hari-hari makan normal.

2. Metode 16/8

Dalam metode ini, kamu membagi waktu harian menjadi dua periode: periode puasa selama 16 jam dan periode makan selama 8 jam. 

BACA JUGA:4 Manfaat Puasa untuk Penderita Kolesterol, Simak Beserta Cara Mencegahnya

Sebagai contoh, kamu bisa mulai makan pada pagi hari dan berhenti makan di sore hari, kemudian puasa selama 16 jam sampai esok pagi. Ini bisa disesuaikan dengan jadwal harian dan preferensi pribadi kamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: