4 Manfaat Puasa untuk Penderita Kolesterol, Simak Beserta Cara Mencegahnya

4 Manfaat Puasa untuk Penderita Kolesterol, Simak Beserta Cara Mencegahnya

Manfaat puasa untuk penderita kolesterol-IDN Times-

DISWAYJATENG - Manfaat puasa untuk penderita kolesterol sangat baik, terutama untuk kesehatan jantung kamu. Jika puasa dilakukan secara teratur, seperti selama bulan Ramadhan (bulan puasa). 

⁠Manfaat puasa untuk penderita kolesterol karena adanya perubahan metabolisme kolesterol dan gula dalam tubuh, yang membantu mengurangi low-density lipoprotein atau kolesterol jahat.

⁠Manfaat puasa untuk penderita kolesterol karena puasa dapat meningkatkan metabolisme gula dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko kenaikan berat badan dan diabetes. Kedua kondisi ini dikenal sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular. 

⁠Manfaat puasa untuk penderita kolesterol memang sangat ampuh sebab kamu berhenti mengonsumsi makanan yang memicu peningkatan kadar kolesterol dan beralih ke pola makan. Dengan begitu, kadar kolesterol jahat dalam tubuh jadi berkurang.

BACA JUGA:Apa saja Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Otak? Berikut 4 Penjelasan Mengenai Manfaat dari Berpuasa

Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Berpuasa: Manfaat dan Cara yang Efektif

Puasa bukan hanya merupakan kewajiban agama, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, terutama dalam menurunkan kadar kolesterol. 

Dalam beberapa studi, puasa telah terbukti efektif dalam mengubah profil lipid tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

⁠Manfaat puasa untuk penderita kolesterol

1. Berpuasa Dapat Menurunkan Kolesterol

Studi yang dimuat dalam American Journal of Applied Sciences pada tahun 2007 menunjukkan bahwa puasa Ramadan memiliki efek positif terhadap profil lipid plasma dan glukosa serum. Puasa terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

BACA JUGA: Tak Disangka, Inilah 9 Manfaat Puasa Untuk Kecantikan Kulit, Wanita Wajib Tahu

2. Alternatif Mengelola Berat Badan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Medical Association pada tahun 2017 menunjukkan bahwa orang yang berpuasa setiap hari memiliki kehilangan berat badan yang sebanding dengan mereka yang menerapkan diet kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: