9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Metabolisme Tubuh

9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh salah satunya dapat menurunkan BERAT BADAN.--Sumber gambar: Melarossa

DISWAY JATENG Meskipun tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman sekitar beberapa jam, puasa justru memberi berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan tubuh adalah dapat menurunkan berat badan, sehingga sering digunakan metode diet atau puasa intermiten.

Lantas, apakah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh hanya sebatas itu? Tentu tidak, simak artikel berikut ini untuk mengetahui manfaat lainnya. Jika dilakukan dengan benar, puasa dapat menyimpan berbagai manfaat kesehatan.

Bahkan, tidak hanya secara fisik, puasa juga bisa memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental. Diantara orang beranggapan jika puasa hanya untuk meningkatkan kesabaran, dan membersihkan diri, namun faktanya terdapat manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah berbagai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA:Terbukti Manfaatnya. Berikut 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Pencernaan

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan karena meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga pembakaran kalori dan lemak akan meningkat, hal ini dapat memicu terjadinya penurunan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas.

Konsep puasa ramadan memiliki kesamaan dengan intermittent fasting yang terbukti mampu menjaga berat badan, bahkan menghindari penuaan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Orang yang berpuasa selama satu bulan penuh memiliki risiko darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung, yang lebih rendah. Jika dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa karena membuat seseorang dapat mengatur pola makannya menjadi lebih sehat.

Teh yang sering dijadikan sebagai minuman wajib ketika berb1uka atau sahur dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Jenis antioksidan flavonoid yang terkandung di dalam teh membantu mencegah naiknya kadar kolesterol, menurunkan risiko diabetes, dan melancarkan peredaran darah. 

BACA JUGA:Berikut 5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Pencernaan. Salah satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, karena tetap mendapatkan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Puasa sepanjang hari mampu membuat metabolisme di dalam lebih efisien karena adanya pelepasan hormon adiponektin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: