Apa saja Manfaat Puasa untuk Anak Remaja Terutama Bagi Psikologisnya? Simak Ini 7 Penjelasannya

Apa saja Manfaat Puasa untuk Anak Remaja Terutama Bagi Psikologisnya? Simak Ini 7 Penjelasannya

Manfaat puasa untuk kesehatan remaja-Ners Unair-

BACA JUGA:Khusus Para Ortu! Ini 6 Manfaat Puasa untuk Anak-anak, Salah Satunya Bisa Kontrol Emosi

3. Mengontrol Hawa Nafsu

Manfaat puasa untuk anak remaja berikutnya adalah mengontrol hawa nafsu. Berpuasa juga membantu anak-anak dalam mengontrol hawa nafsu mereka. Ketika mereka belajar menahan diri dari makanan dan minuman selama puasa, ini juga melatih mereka untuk mengendalikan keinginan dan dorongan negatif lainnya. 

Dengan mengendalikan hawa nafsu, anak-anak menjadi lebih mampu membuat keputusan yang baik dan menghindari perilaku yang merugikan.

4. Menyeimbangkan Hormon dan Emosi

Tubuh manusia dipengaruhi oleh berbagai hormon yang berperan penting dalam mengatur suasana hati dan emosi. 

Puasa dapat membantu menyeimbangkan produksi hormon dalam tubuh anak-anak, sehingga menghasilkan tingkah laku yang lebih teratur dan stabil. Dengan menjaga keseimbangan hormon, anak-anak dapat merasa lebih baik secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat puasa bagi anak remaja selanjutnya adalah meningkatkan konsentrasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus pada anak-anak. Saat tubuh mereka terbiasa dengan puasa, otak menjadi lebih jernih dan kemampuan kognitif meningkat. 

Ini sangat bermanfaat bagi anak-anak yang sedang menghadapi ujian sekolah atau tugas-tugas penting lainnya.

6. Membantu Masalah Psikis

Bagi anak-anak yang mengalami masalah psikis, seperti kecemasan atau depresi ringan, berpuasa dapat menjadi obat yang efektif. 

Menjalani puasa dapat membantu membersihkan pikiran dan meredakan stres, sehingga anak-anak dapat menghadapi tantangan dengan lebih tenang dan penuh percaya diri.

7. Peningkatan Kepercayaan Diri

Mampu menjalani puasa dengan lancar memberikan kebanggaan dan kepercayaan diri pada anak-anak. Ketika mereka berhasil mengatasi godaan dan hambatan selama puasa, ini membuat mereka merasa lebih kuat dan percaya diri dalam menghadapi situasi apapun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: