5 Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil dan Tips Sehat Menjalankannya

5 Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil dan Tips Sehat Menjalankannya

Manfaat puasa untuk ibu hamil-Nikita.ID-

DISWAYJATENG - Apa sajakah manfaat puasa untuk ibu hamil? Selama masa kehamilan, sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan nutrisinya. Karena itu, biasanya ibu hamil tidak disarankan untuk berpuasa. 

Sebelum membahas manfaat puasa untuk ibu hamil, para ibu harus tahu dulu apa saja resiko berpuasa saat hamil jika tidak di lakukan dengan benar. Puasa bisa meningkatkan risiko dehidrasi yang bisa menyebabkan komplikasi pada kehamilan, seperti kontraksi palsu, infeksi saluran kemih, atau kelahiran prematur.

Tetapi, jika ibu hamil sudah mendapat persetujuan dari dokter kandungan dan janin dalam keadaan sehat, ibu hamil dapat menjalani puasa. Manfaat puasa untuk ibu hamil sangat berdampak positif bagi kesehatan namun tetap harus dengan anjuran dokter.

BACA JUGA:Terbukti Ampuh. Berikut 4 Manfaat Puasa untuk Penderita Hipertensi dan Tips Sehat Pencegahannya

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas lebih detail apa saja manfaat puasa untuk ibu hamil. Simak pembahasannya di bawah ini.

Apakah Ibu Hamil Boleh Berpuasa?

Puasa yang dijalankan dengan tepat oleh ibu hamil dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan risiko diabetes gestasional, yang merupakan kondisi di mana kadar gula darah meningkat selama kehamilan. 

Puasa juga dapat membantu menjaga berat badan ideal, yang penting untuk kesehatan ibu dan janin. Selain itu, puasa juga diketahui dapat membantu memelihara kesehatan jantung dan bahkan membantu proses detoksifikasi tubuh.

BACA JUGA:Khusus Para Ortu! Ini 6 Manfaat Puasa untuk Anak-anak, Salah Satunya Bisa Kontrol Emosi

Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil

Manfaat puasa bagi ibu hamil ini menunjukkan bahwa dengan pengawasan yang tepat dan asupan nutrisi yang seimbang, ibu hamil dapat menjalani puasa dengan aman dan bahkan mendapatkan manfaat kesehatan tambahan. 

Namun, sangat penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa selama kehamilan, serta memperhatikan saran dan arahan yang diberikan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin tetap terjaga dengan baik.

Mari kita bahas manfaat-manfaat tersebut dengan lebih detail:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: