Khusus Para Ortu! Ini 6 Manfaat Puasa untuk Anak-anak, Salah Satunya Bisa Kontrol Emosi

Khusus Para Ortu! Ini 6 Manfaat Puasa untuk Anak-anak, Salah Satunya Bisa Kontrol Emosi

Manfaat puasa untuk anak-anak-CNN Indonesia-

DISWAYJATENG - Manfaat puasa untuk anak tidak hanya baik untuk ibadah, tetapi juga untuk kesehatan mereka. Faktanya, berpuasa tidak hanya baik untuk kesehatan mereka, tetapi juga membantu anak-anak mengembangkan sikap hidup yang benar dan dapat mengajarkan mereka berbagai hal baik.

Manfaat puasa untuk anak yang baru pertama kali berpuasa, berpuasa selama sebulan penuh tentu terasa berat. Jika para orang tua mengajarinya berpuasa sejak usia dini, ia akan cepat terbiasa. Dengan cara ini, anak akan dapat menikmati banyak manfaat puasa yang sangat baik untuk perkembangannya.

Manfaat puasa untuk anak dan di ajarkan sejak dini sangatlah baik. Tentu saja, puasa harus diperkenalkan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan fisik anak. Mulailah dengan berpuasa selama beberapa hari sesuai dengan waktu dulu.

BACA JUGA: Terbukti Manfaatnya. Berikut 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Pencernaan

Manfaat puasa untuk anak baik juga untuk fisik, ia dapat mencoba berpuasa hingga waktu Maghrib. Para orang tua juga bisa melatih anak berpuasa hingga waktu Zuhur, makan siang, lalu melanjutkan puasa hingga waktu Magrib.

1. Membuat Anak Lebih Mengenal Tuhan Yang Maha Kuasa

Puasa tidak hanya sekadar menahan lapar dan haus. Lebih dari itu, bulan Ramadan menjadi momen yang ideal untuk mendekatkan anak kepada Tuhan. 

Ketika berpuasa, anak belajar banyak nilai-nilai agama seperti kesabaran, pengendalian diri, dan kepedulian terhadap sesama. Banyak orang tua yang mengajak anak-anak ke masjid untuk menunaikan ibadah salat tarawih atau membaca Al-Qur'an bersama-sama. 

Ini adalah cara yang efektif untuk mempererat hubungan anak dengan Tuhan serta memperkenalkan mereka pada kebiasaan beribadah.

BACA JUGA: 4 Manfaat Puasa untuk Penderita Kolesterol, Simak Beserta Cara Mencegahnya

2. Menjaga Kesehatan Tubuh

Selain sebagai ibadah, puasa juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan bagi anak-anak. Puasa membantu membersihkan tubuh dari racun dan mengatur metabolisme. 

Namun, penting bagi orang tua untuk memperhatikan asupan nutrisi anak selama bulan puasa. Pastikan anak mendapatkan makanan yang seimbang saat sahur dan berbuka. Jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes atau gangguan pencernaan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa.

3. Mengajarkan Sabar dan Disiplin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: