Ubah Sudut Pandang OPD Kabupaten Tegal dalam Perencanaan Pembangunan Desa

Ubah Sudut Pandang OPD Kabupaten Tegal dalam Perencanaan Pembangunan Desa

ARAHAN - Pj bupati Tegal beri arahan perencanaan pembangunan desa.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya mengubah sudut pandang kepala OPD agar pada saat melakukan perencanaan pembangunan.  Khususnya di desa, dilakukan Pemkab Tegal melalui Dinas Permades. Ke depan, perencanaan pembangunan di desa tidak lagi dilakukan secara  gebyah uyah tidak tertata dan tidak terfokus.

Kepala Dinas Permades Kabupaten Tegal Teguh Mulyadi menyatakan, atas arahan Pj bupati Tegal, desa akan diberi tema  dan  OPD fokus pada tema tersebut. "Misalanya tadi, PJ bupati Tegal mengusulkan 10 tema, utamanya desa merdeka sampah. Tidak semua desa sebanyak  281 harus merdeka sampah semuanya tahun ini. 

“Kita keroyok 1 sampai 2 desa yang harus merdeka sampah," ujarnya.

BACA JUGA:Lomba Dansa di Kabupaten Pemalang untuk Kembangkan Kreativitas Masyarakat

Selanjutnya ada desa agraria yang menjadi pilot project bagi desa lain dalam teladan pengurusan pertanahan juga diupayakan 1 hingga 2 desa sebagai percontohan. Ada lagi desa online, dimana seluruh pelayanannya bersifat online juga diupayakan terwujud 1 hingga 2 desa percontohan. 

“Desa bangga budaya menunjuk 1 hingga 2 desa sebagai percontohan dan seterusnya," cetusnya.

BACA JUGA:KSU Semesta Kabupaten Pemalang Kembangkan Usaha Ternak Kambing

Untuk sumber anggaran nantinya tidak terpaku pada anggaran APBD II. Ada upaya keras untuk meminta bantuan ke Bapenas, Kementerian Lingkungan Hidup,  Kementerian Agraria, Kementerian Pendidikan dan seterusnya agar gambaran tersebut tercapai. Nantinya yang akan bekerja adalah tim gabungan OPD yang dikomandoi  Dinas Permades bersama tim ahli pendamping desa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: