5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Menjaga Kesehatan Tubuh pada Usia 40 Tahun ke Atas

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Menjaga Kesehatan Tubuh pada Usia 40 Tahun ke Atas

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lansia-Tirto.id-

Dalam penelitian pada hewan, senyawa tertentu yang ditemukan dalam buah zaitun dan minyak zaitun telah terbukti membantu mencegah keropos tulang.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Zaitun mengandung asam oleat, yang membantu mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

BACA JUGA:8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Usia 40 Tahun ke Atas, Salah Satunya Pencegahan Stroke

Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi dikenal sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Hidroksitirosol yang ditemukan dalam buah zaitun juga melindungi jantung.

Antioksidan ini bertindak sebagai antikoagulan pengencer darah, mengurangi kemungkinan pembekuan darah dan aliran darah yang terhambat.

3. Mengatur kadar kolesterol

Kolesterol tidak selalu berarti tidak sehat. Ada dua jenis kolesterol: kolesterol baik, atau high-density lipoprotein (HDL), dan kolesterol jahat, atau low-density lipoprotein (LDL).

Untuk menghindari peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan, kadar kedua jenis kolesterol tersebut harus normal dan seimbang.

Untuk menjaga kadar kolesterol yang seimbang, Anda harus membatasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol LDL.

Sebaliknya, pilihlah makanan yang mengandung lemak nabati, seperti zaitun.

Meskipun buah zaitun mengandung lemak yang tinggi, buah ini merupakan jenis lemak nabati yang menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol HDL.

Mengkonsumsi buah zaitun akan membantu Anda memenuhi kebutuhan lemak tanpa khawatir akan meningkatkan kadar kolesterol jahat.

4. Melindungi kolesterol LDL dari oksidasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: