7 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

OBESITAS. menjadi salah satu penyebab perut buncit yang paling sering dialami sebagian orang.--sumber gambar: galaxymedis.blogspot.com

Sembelit merupakan penyebab perut buncit selanjutnya, yang mengakibatkan feses tertahan di usus besar. Apabila terjadi dalam waktu yang lama, feses yang tertahan dapat menimbulkan penumpukkan gas berlebih sehingga perut terlihat membuncit.

3. Hamil

Perut buncit karena hamil merupakan kondisi alami yang dialami perempuan. Hal ini karena organ rahim yang ada di perut bagian bawah membesar seiring perkembangan janin.

4. Penumpukkan Cairan (Asites)

Penumpukkan cairan atau banyak dikenal dengan sebutan asites, menjadi salah satu penyebab perut buncit. Asites merupakan gejala dari beberapa penyakit seperti gagal jantung, sirosis hati, dan gagal ginjal.

Hal ini terjadi karena kebocoran cairan ke rongga peritoneal (selaput dinding perut). Perut buncit karena asites perlu mendapatkan tindakan medis yang tepat agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit.

5. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Sindrom iritasi usus besar (IBS) mengakibatkan perut kembung dan buncit karena adanya penumpukkan gas berlebih di dalam perut. Selain itu, juga dapat menimbulkan gejala lain seperti sembelit, kram perut, mual, diare, sering bersendawa atau kentut.

6. Kanker Lambung

Penyebab perut buncit selanjutnya adalah kanker lambung stadium akhir, yang menyebabkan perut bagian atas membengkak dan nyeri ketika ditekan. Karena adanya pertumbuhan sel kanker stadium akhir yang ganas dan sudah menyebar sekitar organ lambung.

Kanker lambung stadium akhir juga dapat memperburuk penumpukkan cairan di perut atau asites.

7. Intoleransi Makanan Tertentu

Intoleransi makanan tertentu dapat menyebabkan sistemm pencernaan tidak mampu mengolah makanan secara optimal. Hal ini membuat organ pencernaan tidak dapat mengeluarkan sisa makanan dengan baik.

Sehingga mengakibatkan adanya penumpukkan gas di perut, lalu perut akan terasa begah. Serta menjadi salah satu penyebab perut buncit.

Cara Mengatasi Perut Buncit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: