Lakukan 7 Cara Ini Komedo Auto Hilang, Wajah Makin Bersih dan Pori – Pori Mengecil

Lakukan 7 Cara Ini Komedo Auto Hilang, Wajah Makin Bersih dan Pori – Pori Mengecil

Cara mengatasi dan menghilangkan komedo-Wolipop - Detik.com-

DISWAY JATENG – Komedo merupakan salah satu masalah pada wajah yang sering sekali dijumpai pada setiap orang. Memiliki komedo di wajah membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri.

Komedo terbentuk karena pori-pori yang ada di wajah tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Tetapi ada juga penyebab lain munculnya komedo yaitu karena kotoran, sisa-sisa makeup yang tidak dibersihkan.

Komedo banyak muncul pada area T yaitu hidung, dahi dan dagu karena merupakan area wajah yang banyak terdapat komedo. Komedo terbagi menjadi dua jenis yaitu komedo putih dan komedo hitam.

Komedo sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja, namun ada orang-orang yang berpotensi lebih tinggi terkena komedo. Komedo berpotensi pada orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan bisa juga karena genetik.

BACA JUGA:Inilah 8 Penyebab Komedo Bersarang di Wajah. Penting, Buruan Simak!

Orang yang merokok serta banyak mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi gula dan lemak berpotensi memiliki komedo. Nah jika kamu ingin menghilangkan komedo kamu dapat melakukan cara berikut ini:

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Kulit yang kotor serta berminyak akan meningkatkan potensi terkena komedo lebih tinggi. Kalau kulit wajahmu bersih dari kotoran, sisa makeup dan minyak maka potensi munculnya komedo akan semakin kecil.

Maka dari itu, rajin bersihkan wajah 2 kali sehari pada pagi hari dan malam hari serta disaat kulit wajah sedang kotor dan sehabis berolahraga.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi dilakukan agar sel-sel kulit mati yang menumpuk diwajah menjadi terangkat. Untuk membersihkan sel-sel kulit mati, kamu dapat melakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu.

Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung salicylid acid dan glycolic acid yang dapat masuk kedalam pori-pori.

3. Memakai Pelembab Wajah

Memakai pelembab wajah merupakan salah satu cara menghilangkan komedo diwajah. Saat kulit wajah terjaga kelembapannya, maka produksi minyak pada wajah dapat terkontrol.

Maka dari itu, kamu harus rajin mengoleskan pelembab wajah agar wajah selalu terjaga kelembapannya.

4. Memakai Masker Charcoal

Charcoal dikenal dengan manfaatnya dalam menyerap minyak dan dapat membersihkan wajah secara menyeluruh. Charcoal juga dipercaya dapat membersihkan wajah sampai ke pori-pori sehingga pori-pori bebas dari sumbatan kotoran.

Kamu dapat menggunakan masker charcoal 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang efektif.

5. Memakai Sikat Pembersih Wajah

Selain membersihkan wajah secara rutin, kamu juga dapat memakai sikat pembersih wajah pada saat mencuci wajah. Sikat pembersih wajah diklaim mampu membersihkan kotoran sampai ke pori-pori.

Perlu kamu ingat untuk mengaplikasikan sikat pembersih wajah ini hanya boleh dilakukan 2 kali dalam seminggu. Karena eksfoliasi secara fisik jika dilakukan terlalu sering akan menyebabkan iritasi pada kulit serta merukan skin barrier.

6. Memakai Toner Dengan Kandungan Witch Hazel

Witch hazel memiliki manfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Witch hazel juga dapat mengurangi minyak tak hanya dikulit melainkan sampai ke pori-pori.

Namun bahan yang satu ini mempunyai kekurangan yaitu jika sering dipakai akan membuat wajah menjadi kering. Maka dari itu kamu dapat menggunakan toner ini minimal 1 kali sehari.

7. Mengubah Pola Makan Yang Lebih Sehat

Makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi tidak baik untuk tubuh, selain itu tidak baik juga untuk kulit. Makanan dan minuman manis menyebabkan munculnya komedo di wajah semakin banyak.

Maka dari itu kamu perlu membatasi makanan dan minuman manis jika tidak ingin komedo muncul diwajah.

BACA JUGA:Penyebab Komedo dan Cara Mengatasinya, Pilih Produk Perawatan yang Tepat Bukan Sekadar Gengsi

Nah itulah beberapa cara menghilangkan komedo diwajah yang dapat kamu coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: