8 Makanan Khas Banyumas yang Maknyus dan Lezat, Sangat Menggugah Selera!

8 Makanan Khas Banyumas yang Maknyus dan Lezat, Sangat Menggugah Selera!

makanan khas banyumas--foto media lampung

DISWAY JATENG - Banyumas adalah kabupaten yang berada di Jawa Tengah yang dikenal dengan aneka wisata menariknya, termasuk wisata kuliner.

Banyumas menawarkan kuliner dengan bahan dan campuran yang berbeda sehingga pastinya rasa dan tekstur yang disajikan juga menjadi unik. Makanan khas Banyumas sering kali menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena cita rasanya yang sangat lezat.

Berikut Deretan Makanan Khas Banyumas dengan Cita Rasa yang Unik :

1. Dage

Makanan khas Banyumas ini sering kali dijuluki dengan nama saudaranya bongkrek. Alasannya karena dage sama-sama dibuat dari bahan dasar ampas kelapa parut dengan kacang tanah.

BACA JUGA:Wah, Ini Tempat Ngecamp Sejuk di Banyumas, Simak Inilah Lokasi dan Harga Tiket Hutan Limpakuwus

Namun, ada juga yang membuat dage dari ampas tahu dengan kacang tanah. Penggunaan kacang tanah ini dikarenakan kacang kedelai terbilang cukup mahal. Jadi, masyarakat Banyumas lebih memilih untuk menggunakan kacang tanah.

2. Tahu Gecot

Olahan tahu ini populer dan bisa dijumpai dengan mudah di pedagang kaki lima hingga rumah makan. Tahu gecot adalah makanan khas Banyumas yang dibuat dari tahu yang sudah digoreng hingga berkulit, kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan kecambah atau tauge, ketupat, dan irisan kubis.

Pada bagian atasnya, disiram dengan bumbu kacang yang punya aroma wangi, tekstur legit, dan rasa yang sangat gurih serta pedas. Jadi, dalam bumbu kacang ini terdapat campuran rempah, asam jawa, gula jawa, bawang goreng, kencur, hingga cabai rawit.

3. Lembutan

Kuliner ini lebih dikenal sebagai oleh-oleh khas Banyumas. Lembutan ini dibuat dari ikan lembutan, yaitu ikan air tawar berukuran kecil-kecil yang diambil dari sungai di sekitar Banyumas. Seperti sungai Serayu, Logawa, dan sebagainya.

Ikan yang sudah dibersihkan akan dicuci, lalu digoreng hingga matang dan diberi tambahan bumbu rempah. Biasanya lembutan ini sering kali disantap sebagai lauk pauk pendamping nasi, tetapi jika tidak ingin menyantapnya dengan nasi, lembutan bisa disantap begitu saja sebagai camilan.

4. Kenyol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: