7 Makanan Khas Purwokerto yang Menggugah Selera, Lezat dan Bikin Nagih!

7 Makanan Khas Purwokerto yang Menggugah Selera, Lezat dan Bikin Nagih!

makanan khas purwokerto--foto daihatsu

DISWAY JATENG - Purwokerto adalah ibukota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sebagai sebuah ibukota, Purwokerto diketahui juga menyimpan potensi wisata yang luar biasa. 

Tidak heran jika Purwokerto sering dijadikan salah satu destinasi berlibur terfavorit bagi banyak orang ketika sedang berada di Jawa Tengah.

Daerah yang terkenal dengan aksen ngapaknya ini punya kuliner khas yang patut dicoba. Berbagai macam makanan bisa ditemui dengan mudah di tiap sudut kota.

Jika kalian berkunjung ke Purwokerto tentu tidak lengkap jika tidak menyantap makanan khas Purwokerto. Ada sejumlah tempat wisata kuliner di kota ini yang bisa disinggahi pengunjung. Selain itu, Purwokerto dijuluki sebagai Kota Kripik. Salah satu keripik yang terkenal di sana adalah keripik tempe. Meski begitu, makanan khas Purwokerto bukan hanya itu saja.

BACA JUGA:Tak Hanya Mendoan, Ini 7 Makanan Khas Purwokerto yang Menggugah Selera

Berikut Makanan Khas Purwokerto yang Wajib Dicoba :

1. Sroto Sokaraja

Di Purwokerto, hidangan soto disebut dengan sroto yang populer di daerah Sokaraja. Hanya saja, yang membedakan sroto Sokaraja ini dari hidangan soto di daerah lainnya adalah menggunaan ketupat sebagai pengganti nasi. Selain ketupat, ada tauge, sohun, kuah kaldu, serta irisan daging ayam ataupun sapi pada semangkuk sroto Sokaraja.

Kuah pada sroto ini terbilang unik karena ada tambahan kacang di dalamnya. Sebagai pelengkap, ada kerupuk yang biasanya dicampurkan ke dalam kuah kaldu sroto Sokaraja untuk disantap.

Ada banyak tempat sebenarnya yang menjual sroto Sokaraja. Adapun, salah satu yang terpopuler adalah Rumah Makan Sroto di Jalan Bank, Pesayangan, Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat. Rumah Makan Sroto ini dibuka setiap hari, mulai dari jam 8 pagi sampai pukul 8.30 malam.

2. Kraca

Kraca merupakan makanan khas Purwokerto yang dibuat dari rempah-rempah dan siput laut. Pada umumnya, kraca ini disajikan dengan kuah pedas. Kraca ini biasanya dimasak dalam kurun waktu 4-5 jam hingga matang.

Selain pedas, kraca ini punya cita rasa gurih dan nikmat ketika disantap. Kraca bisa kalian dapatkan di penjual pinggir jalan Purwokerto yang umumnya muncul saat menjelang malam hari.

3. Sate Bebek Tambak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: