Ingin Mendaki Gunung Rinjani? Simak Ini Rutenya, Dijamin Mudah dan Aman!

Ingin Mendaki Gunung Rinjani? Simak Ini Rutenya, Dijamin Mudah dan Aman!

Rute pendakian Gunung Rinjani--

Pintu Masuk: Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Rute: Pendakian dimulai dari Desa Senaru dan melewati jalur Torean, Post 2, Post 3, hingga mencapai Pos Pelawangan Senaru (Pelawangan Senaru).

Highlights: Rute ini menawarkan pemandangan air terjun Sindang Gile dan Tiu Kelep yang indah. Selain itu, pada pos terakhir, pendaki dapat mencapai Pelawangan Senaru yang merupakan pintu masuk ke kawah Rinjani.

2. Rute Pendakian Sembalun

Pintu Masuk: Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Rute: Pendakian dimulai dari Desa Sembalun dan melewati jalur Pemantauan I, Pemantauan II, hingga mencapai Pos Pelawangan Sembalun (Pelawangan Sembalun).

Highlights: Rute ini menawarkan pemandangan perkebunan serta padang rumput yang luas. Pendaki juga akan melewati savana Sembalun dan memiliki akses langsung ke Pelawangan Sembalun.

Kedua rute tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Pendakian ke puncak Rinjani membutuhkan kekuatan fisik yang baik, kesiapan mental, dan perlengkapan yang sesuai.

Penting untuk mempersiapkan diri dengan baik, termasuk membawa perlengkapan hiking yang diperlukan, makanan, dan air yang cukup.

Selain itu, perlu Anda ingat bahwa Gunung Rinjani berada dalam Taman Nasional Gunung Rinjani dan pengunjung diwajibkan memiliki izin pendakian yang diperoleh melalui operator tur resmi. Memiliki pemandu lokal yang berpengalaman sangat disarankan untuk keamanan dan keselamatan selama pendakian.

Pastikan untuk memperoleh informasi terkini mengenai rute dan persyaratan pendakian dari sumber yang terpercaya sebelum melakukan perjalanan ke Gunung Rinjani(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: