Ingin Mendaki Gunung Rinjani? Simak Ini Rutenya, Dijamin Mudah dan Aman!

Ingin Mendaki Gunung Rinjani? Simak Ini Rutenya, Dijamin Mudah dan Aman!

Rute pendakian Gunung Rinjani--

DISWAYJATENG.ID - Jika Anda ingin mendaki gunung rinjani, inilah rute yang mudah dan aman. gunung rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Secara geografis, gunung rinjani terletak pada koordinat sekitar 8°25'48"S lintang selatan dan 116°28'52"E bujur timur. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut.

Mendaki adalah kegiatan fisik yang melibatkan perjalanan naik ke gunung, gunung berapi, atau puncak alam lainnya. 

Kegiatan mendaki biasanya membutuhkan kebugaran fisik yang baik, ketahanan mental, serta pengetahuan tentang teknik dan keamanan pendakian. 

Aktivitas mendaki ini melibatkan perjalanan melalui jalur-jalur yang telah ditetapkan atau trek alami dengan tujuan mencapai puncak atau titik tertinggi gunung tersebut.

Gunung Rinjani terletak pada Taman Nasional Gunung Rinjani, yang mencakup area seluas sekitar 41.330 hektar. Gunung ini adalah gunung tertinggi kedua dari Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera.

Gunung Rinjani memiliki kawah yang luas, yangr terkenal sebagai Danau Segara Anak, dan pada bagian tengahnya terdapat Gunung Baru Jari yang merupakan kawah gunung berapi aktif.

Untuk mencapai Gunung Rinjani, pintu masuk yang umumnya digunakan adalah melalui Desa Senaru pada sisi utara dan Desa Sembalun pada sisi timur. Kedua pintu masuk ini memiliki jalur pendakian yang berbeda, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Pemandangan dari sekitar Gunung Rinjani sangat indah, termasuk pemandangan danau, hutan tropis, air terjun, serta panorama pegunungan yang spektakuler.

Pendakian ke Gunung Rinjani membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang baik mengenai kondisi fisik, perlengkapan, dan persyaratan pendakian.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Gunung Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula, Anda Wajib Coba!

Disarankan untuk memperoleh izin pendakian dari Taman Nasional Gunung Rinjani dan mendapatkan bantuan dari pemandu lokal yang berpengalaman untuk menjaga keselamatan selama pendakian.

Untuk mencapai Gunung Rinjani, terdapat beberapa rute pendakian yang dapat dipilih. Rute-rute tersebut umumnya dimulai dari Desa Senaru atau Desa Sembalun, yang terletak di sekitar Gunung Rinjani.

Berikut adalah dua rute pendakian yang populer:

1. Rute Pendakian Senaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: