7 Makanan Khas Jepara, Pemburu Kuliner Wajib Cicipi Ketika Berkunjung ke Kota Ukir Ini!

Minggu 12-11-2023,14:00 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Dian Doris Nawang Wulan

DISWAY JATENG- Jepara merupakan kota yang terkenal dengan ukirannya, oleh karena itu dijuluki dengan kota ukir. Selain itu kota ini juga menawarkan destinasi wisata dan kulinernya, makanan khas jepara memiliki cita rasa yang khas.

Karena memiliki rasa yang enak, makanan khas jepara banyak diburu oleh orang-orang. Bahkan ada wisatawan yang berkunjung ke jepara hanya untuk menikmati kulinernya saja.

Berlibur ke jepara sangat pas, karena selain untuk rekreasi juga bisa icip-icip kuliner yang disuguhkan yakni makanan khas jepara nya.

Artikel ini akan membahas deretan makanan khas jepara yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota ukir ini, yuk simak ulasan dibawah ini.

BACA JUGA:6 Tempat Kuliner Favorit Yang Ada di Jepara dan Wajib Kunjungi!

1. Singit

Singit dibanderol dengan harga Rp20.000 per porsi, sekilas makanan ini mirip dengan rendang. Yakni olahan dari daging sengkel yang dimasak dengan bumbu yang tak lain bawang merah, bawang putih, garam, santan, gula merah, serta kecap manis.

Singit ini memiliki tekstur lebih encer dan daging yang dipakainya juga bagian sengkel dari sapi.

2. Blenyik

Blenyik dibanderol dengan harga Rp10.000 per bungkus, makanan ini adalah olahan ikan laut yakni ikan teri yang kecil-kecil yang dibuat seperti bakwan dengan bumbu tepung terigu, garam, kemiri, dan merica lalu digoreng. Rasa asin dan gurih dimiliki oleh makanan ini.

3. Bongko Mento

Bongko mento memiliki harga yang sangat murah, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 3.000 sudah dapat menikmati makanan khas jepara ini.

Kuliner ini hampir mirip dengan pepes tetapi versi isian suwiran ayam, bongko mento merupakan olahan suwiran ayam yang dicampurkan dengan mi so’on, jamur, serta santan.

Makanan ini melewati proses antara lain dibungkus dengan daun pisang lalu di kukus.

4. Moto Belong

Kategori :