Ketahui 5 Tips Jitu Hapus Data di Aplikasi Pinjol Agar Hilang Permanen

Ketahui 5 Tips Jitu Hapus Data di Aplikasi Pinjol Agar Hilang Permanen

cara hapus data di aplikasi pinjol --foto seluler.id

DISWAY JATENG - Tips hapus data di aplikasi pinjol merupakan salah satu jalan keluar yang paling sesuai untuk melepaskan diri dari belenggu pinjol. Tindakan ini dapat diambil setelah tidak memerlukan lagi layanan tersebut. 

Pinjaman online atau pinjol menjadi suatu solusi yang dipakai masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Tapi perlu diingat untuk selalu menggunakan pinjol legal yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab, ketika terjerumus dalam pinjol ilegal, situasinya berpotensi memburuk di kemudian hari. Tips hapus data di aplikasi pinjol menjadi solusi tepat agar data kalian tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

Dengan menghapus data di pinjaman online, segala informasi pribadi yang terkait dengan aplikasi pinjaman online, seperti foto, KTP, bisa dihapuskan. Karena itu, jika kalian sudah selesai menggunakannya perlu mengetahui tips hapus data di aplikasi pinjol. 

Ada banyak tips hapus data di aplikasi pinjol, cara ini dapat bermanfaat untuk mengantisipasi penyalahgunaan data. Sebab dalam beberapa kasus ada orang yang tidak pernah lagi mangajukan pinjaman, namun tiba-tiba diteror oleh debt collector (DC). Maka dari itu, yuk kita simak beberapa langkah ini untuk menghindari berbagai risiko yang merugikan. 

BACA JUGA:Begini 4 Cara Ampuh Hapus Data di Aplikasi Pinjaman Online, Dijamin Hilang Permanen

 

1. Hapus Akun dan Uninstall Aplikasi

Tips hapus data di aplikasi pinjol bisa dilakukan dengan cara menghapus akun di platform pinjol ilegal. Caranya sama seperti hapus akun di aplikasi lain, yaitu:

  • Buka aplikasi pinjol
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting
  • Cari opsi "Hapus Akun"
  • Ikuti langkah sesuai panduan
  • Konfirmasi keinginan untuk hapus akun
  • Akun di aplikasi sudah terhapus
  • Setelah akun di aplikasi pinjol ilegal terhapus, berikutnya yaitu uninstall aplikasi dari ponsel kalian.

2. Lunasi Pinjaman 

Langkah berikutnya yang harus dilakukan yaitu melunasi pinjaman yang dimiliki. Ketika pinjaman lunas dan kalian tidak mengajukan pinjaman baru, penyedia jasa pinjol tidak akan menghubungi lagi dan pada akhirnya data diri kalian akan terhapus.

Dalam hal pembayaran tagihan di pinjol ilegal memang terjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Sebagian menganggap utang di pinjol ilegal tidak perlu dibayar.

Alasannya, pinjol tersebut tidak berizin sehingga mereka tidak bisa menempuh jalur hukum untuk menagih utang. Bahkan ketika jalur hukum ditempuh yang ada malah platform mereka bakal ditutup. Namun sebagai bentuk tanggung jawab, sebaiknya kalian tetap melunasi pinjaman tersebut, lalu berhenti dan tidak mengajukan pinjaman lagi.

BACA JUGA:Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol, Langsung Hilang Permanen

3. Lapor ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: